Koran Jakarta | October 20 2019
No Comments

Messi Sempat Ingin Tinggalkan Barcelona

Messi Sempat Ingin Tinggalkan Barcelona

Foto : AFP/ JOSEP LAGO
A   A   A   Pengaturan Font

Klub raksasa Spanyol Barcelona dan Lionel Messi seakan dua hal yang tak terpisahan. Messi adalah Barcelona dan Barce­lona adalah Messi, begitulah kira-kira yang terpatri di benak para penikmat sepakbola mengingat Messi ta pernah memiliki klub lain sepanjang karier profesionalnya selain Barcelona.

Namun siapa sangka jika mega bintang asal Argentina itu pernah ingin meninggal­kan Barcelona pada 2014 lalu. Hal itu terjadi setelah ia dan ayahnya didakwa dengan tuduhan penggelapan pajak. “Saat itu terbersit dalam benak saya, bukan untuk mening­galkan Barcelona tapi untuk meninggalkan Spanyol,” ucapnya kepada RAC1. “Saya merasa saya telah diperlakukan dengan tidak baik, dan tidak ingin lagi berada di sini.”

Bahkan, Messi menga­takan, saat itu dirinya telah membuka diri ke­pada banyak klub. Namun ia tidak pernah menerima penawaran resmi. Hal itu dise­babkan karena klub-klub lain memahami be­nar cinta pemain tersebut kepada Barcelona.

Pemenang Ballon d’Or se­banyak lima kali tersebut per­nah didakwa menyimpan dana di Belize dan Uruguay untuk menyembunyikan pendapa­tan-pendapatannya dari hak citra, dan telah menggelapkan pajak dari otoritas Spanyol se­besar 4,1 juta euro antara 2007 sampai 2009.

Messi kemudian dinyatakan bersalah dan dikenai huku­man 21 bulan kurungan serta denda dua juta euro, sebelum menebus masa kurungannya dengan denda sebesar 252.000 euro pada Juli 2017.

“Terdapat masa-masa ke­tika saya lelah dengan banyak situasi yang ada, itu terjadi beberapa kali, khususnya pada 2013 dan 2014, dengan masalah-masalah den­gan Kementrian Keuan­gan dan banyak hal yang muncul setelahnya,” tambahnya.

Namun pemain 32 tahun itu menegaskan bahwa ia masih meng­inginkan meng­akhiri karier di Barca. Klub di mana ia telah menjadi kapten dalam dua mu­sim terakhir.

“Tentu saja saya akan bertahan jika Anda mencin­tai saya. Sudah jelas bahwa saya akan mengakhiri karier di sini,” tandasnya. AFP/S-1

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment