Koran Jakarta | September 15 2019
No Comments

Messi Kembali Beraksi

Messi Kembali Beraksi

Foto : AFP/JOSEP LAGO
A   A   A   Pengaturan Font

Perdebatan tentang siapa yang terbaik antara Messi dan Ronaldo selalu sulit dijelaskan. Terbaru, ilmuwan membuktikan Messi lebih baik.

MADRID – Lionel Messi siap kembali be­raksi untuk Barcelona. Bintang asal Argentina itu kembali berlatih pada Rabu (21/8) waktu setempat setelah pulih dari cedera betis.

Messi berlatih sendiri di pagi hari sebe­lum bergabung dengan rekan satu timnya di sesi sore hari. Dengan pulihnya Messi, itu meningkatkan harapan, kapten Barca terse­but bisa memainkan peran dalam melawan Real Betis di La Liga, Minggu (25/8).

Dia mengalami kram betis pada 5 Agus­tus dalam sesi latihan pertamanya usai Copa America. Messi kemudian absen pada laga pra-musim klub.

Akan menjadi kejutan jika Messi menjadi starter di Camp Nou akhir pekan ini. Meski demikian pelatih Barcelona Ernesto Valverde akan bersemangat karena pemain andalann­ya itu tersedia lagi. Hal itu terutama karena Barca menderita kekalahan mengejutkan 0-1 dari Athletic Bilbao dalam pertandingan pembuka liga mereka akhir pekan lalu.

Absennya Messi diperparah dengan cede­ra pada striker lain. Luis Suarez diperkirakan akan absen selama sekitar satu bulan setelah terpincang-pincang dengan masalah betis melawan Bilbao. Ousmane Dembele men­galami cedera hamstring dan perlu lima pe­kan untuk pulih.

Antoine Griezmann, pemain yang dikon­trak seharga 120 juta di bursa transfer mu­sim panas dari Atletico Madrid, adalah satu-satunya penyerang yang sepenuhnya fit. Sementara Rafinha dan Carles Perez yang berusia 21 tahun kemungkinan opsi untuk bermain di belakang Griezmann.

Kekurangan pilihan pemain di lini depan telah meningkatkan spekulasi bahwa striker Paris Saint-Germain Neymar bisa kembali ke Barcelona sebelum bursa transfer Spanyol ditutup pada 2 September mendatang.

Direktur olahraga PSG, Leonardo, men­gakui awal bulan ini bahwa klub sedang dalam negosiasi lanjutan untuk menjual Neymar. Tetapi sejauh ini belum ada kes­epakatan dengan Barca, yang telah meng­habiskan sekitar 250 juta euro untuk mer­ekrut sejumlah pemain pada bursa transfer musim panas ini.

Dipuji Ronaldo

Sementara itu, Cristiano Ronaldo menga­kui persaingannya yang telah berlangsung lama dengan Messi telah menjadikannya s e b a g a i p e m a i n yang lebih baik. Ronaldo mengatakan dia menikmati persaingan sehat dengan pemain hebat asal Argentina itu.

Namun, bintang asal Portugal yang bersaing langsung dengan Messi sebe­lum berangkat ke Juventus, mengakui bahwa keduanya tidak pernah berso­sialisasi bersama.

“Saya sangat mengagumi karier yang dia miliki dan dari sisinya, dia sudah mengatakan kekecewaan ketika saya meninggalkan Spanyol karena itu ada­lah persaingan yang dia hargai,” ujar Ronaldo kepada TVI di Portugal.

“Ini adalah persaingan yang bagus tetapi tidak unik - Michael Jordan memiliki persaingan di bola basket, ada Ayrton Senna dan Alain Prost di Formula 1. Kesamaan yang mer­eka semua miliki adalah bahwa mereka memiliki persaingan yang sehat,” sambungnya.

Ronaldo dan Messi telah me­menangkan Ballon d’Or mas­ing-masing lima kali, sebuah faktor yang membantu setiap pemain berkembang.

“Saya tidak ragu bahwa Messi telah menjadikan saya pemain yang lebih baik dan sebaliknya. Ketika saya memenangkan trofi, itu pasti membuatnya termotiva­si dan itu sama bagi saya ketika dia menang,” jelas Ronaldo.

“Saya memiliki hubungan profesional yang sangat baik karena kami telah berbagi momen yang sama selama 15 tahun. Kami belum pernah makan malam bersama tetapi saya tidak melihat mengapa kami tidak bisa melakukan itu di masa depan. Saya tidak me­lihat ada masalah dengan itu,” sambungnya.

Perdebatan tentang siapa yang terbaik antara Messi dan Ronaldo selalu sulit di­jelaskan. Terbaru, ilmuwan membuktikan Messi lebih baik. Dilansir Evening Standard, Institut Pendidikan dan Penelitian Universi­tas Katolik Leuven, Belgia, meneliti performa Messi dan Ronaldo di liga selama lima ta­hun. Hasilnya, Messi yang terbaik. ben/AFP/S-1

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment