Messi, Ronaldo dan Guardiola Peduli Covid-19 | Koran Jakarta
Koran Jakarta | April 7 2020
No Comments

Messi, Ronaldo dan Guardiola Peduli Covid-19

Messi, Ronaldo dan Guardiola Peduli Covid-19

Foto : AFP/LLUIS GENE/ADRIAN DENNIS/ ALBERTO PIZZOLI
A   A   A   Pengaturan Font

Spanyol adalah negara yang paling parah terpapar penyakit di Eropa setelah Italia.

PARIS – Pemain depan Barcelona Lionel Messi dan pelatih Manchester City Pep Guardiola masing-masing menyumbangkan satu juta euro ( 18 miliar rupiah) untuk perang melawan virus korona. Sementara bintang Portugal, Cristiano Ronaldo juga menyumbang 1 juta euro untuk membeli peralatan medis.

Menurut sebuah laporan di Marca, donasi Messi akan diberikan kepada rumah sakit Clinic di Barcelona dan pusat medis lain di negara asalnya, Argentina. “Leo Messi memberikan sumbangan ke klinik untuk melawan virus korona,” tulis rumah sakit Clinic di Twitter.

“Terima kasih banyak, Leo, atas komitmen dan dukunganmu.” Mantan pemain dan pelatih Barcelona Guardiola berkontribusi untuk kampanye yang diluncurkan oleh Angel Soler Daniel Foundation dan Medical College Barcelona.

“Pep Guardiola telah memberikan donasi satu juta euro kepada Angel Soler Daniel Foundation untuk penyediaan peralatan kesehatan untuk menghadapi pandemi Covid-19,” demikian sebuah pernyataan dari College.

“Donasi yang dipromosikan oleh Medical College of Barcelona dan dikelola melalui Angel Soler Daniel Foundation bertujuan untuk mengumpulkan kontribusi dana dari perguruan tinggi dan masyarakat umum, untuk pembelian peralatan medis yang saat ini kurang pada pusat kesehatan di Catalonia.” Sebelum Guardiola memberikan donasi, kampanye itu telah mengumpulkan 33.000 euro dalam tiga hari.

Spanyol adalah negara yang paling parah terpapar penyakit di Eropa setelah Italia, dengan 2.696 kematian dan hampir 40.000 kasus positif. Wilayah Catalonia, tempat Guardiola berasal dan tempat tinggal Messi sejak bergabung dengan Barca pada usia 13 tahun, adalah salah satu bagian yang paling parah terkena dampak di negara itu.

Peralatan Medis Ronaldo dan agen sepak bola Jorge Mendes bergabung untuk menyumbangkan peralatan medis ke rumah sakit di Portugal. Keduanya menyumbangkan peralatan medis untuk dua bangsal di rumah sakit Santa Maria di Lisbon, memberikan masing-masing bangsal 10 tempat tidur, ventilator, monitor jantung, pompa infus dan jarum suntik. Di Porto, kota terbesar kedua di negara itu, sumbangan itu akan melengkapi satu bangsal di rumah sakit Santo Antonio dengan 15 tempat tidur perawatan intensif, ventilator yang sangat dibutuhkan, monitor, dan peralatan lainnya.

“Kami ingin berterima kasih kepada Ronaldo dan Mendes atas inisiatifnya. Itu sangat berguna pada saat negara sangat membutuhkan semua orang,” ujar Paulo Barbosa, presiden dewan administrasi Santo Antonio, dalam sebuah pernyataan.

Meskipun Portugal hanya melaporkan 2.362 kasus virus korona dan 29 kematian, jauh lebih sedikit daripada di Italia dan Spanyol, sistem kesehatan negara itu sudah di bawah tekanan.

Dalam wawancara dengan televisi TVI pada hari Senin, Perdana Menteri Antonio Costa mengatakan rumah sakit milik pemerintah di negara itu memiliki 1.142 ventilator dan rumah sakit swasta memiliki 250. Untuk mengatasi krisis, pemerintah membeli 500 ventilator dan empat juta masker dari Tiongkok.

“Kami (sistem kesehatan) tidak akan kehilangan kendali atas situasi ini,” ujar Costa. Namun, para profesional kesehatan di lapangan menyatakan keraguan, terutama pada kurangnya peralatan pelindung diri.

Pada hari Senin, asosiasi medis negara itu - Ordem dos Médicos - memperingatkan bahwa rumah sakit di Portugal tidak memiliki cukup masker, sarung tangan dan pelindung tubuh. Dari mereka yang terinfeksi sejauh ini, 165 adalah petugas kesehatan. Portugal mendeklarasikan keadaan darurat pada hari Rabu dengan pembatasan pergerakan orang. ben/ AFP/S-1

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment