Mereka yang Sembunyikan Harun Masiku Bagian dari Merintangi Penyidikan | Koran Jakarta
Koran Jakarta | February 20 2020
No Comments
Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Ali Fikri tentang Harun Masiku

Mereka yang Sembunyikan Harun Masiku Bagian dari Merintangi Penyidikan

Mereka yang Sembunyikan Harun Masiku Bagian dari Merintangi Penyidikan

Foto : ANTARAFOTO
A   A   A   Pengaturan Font
Pada Kamis, 9 Januari 2020, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan kader PDI Perjuangan, Harun Masiku sebagai tersangka.

 

KPK juga menetapkan man­tan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Wahyu Setiawan, dan dua orang lainnya sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap terkait proses pergantian antar waktu (PAW) anggota DPR RI terpilih dari Fraksi PDI-P periode 2019–2024. Tiga orang tersangka lainnya, kecuali Harun, telah diamankan dan ditahan oleh penyidik KPK.

Sementara itu, tersangka Harun masih dalam pencarian KPK dan telah dimasukkan dalam Daftar Pencarian Orang (DPO). Untuk itu, Koran Jakarta telah mewawancari Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Ali Fikri, Minggu (2/1). Berikut petikannya

Bagaimana perkembangan pencarian untuk tersangka buron Harun Masiku?

Sampai saat ini, Minggu (2/1), tersangka HAR (Harun Masiku) ma­sih dalam proses pencarian KPK.

Apakah ada tenggat waktu dalam pencarian Harun Masiku?

Tidak ada batas waktu dalam pencarian tersangka HAR. Kami akan terus-menerus berupaya untuk mencari keberadaannya dan menangkapnya.

Apakah dengan belum ditemu­kannya Harun akan menghambat penyidikan kasusnya?

Perkara dalam kasus HAR akan tetap saja berjalan dan penyidik sedang melengkapi berkasnya. Kemarin juga sudah diperiksa saksi-saksi. Saksi-saksi yang dipanggil kemarin-kemarin itu juga untuk empat berkas perkara sekaligus.

Upaya apa yang telah dilakukan KPK untuk mencari Harun?

Bisa dilihat, kami memasang daftar pencarian orang (DPO) itu di web­site KPK. Di sana ada foto, identitas, dan surat DPO-nya. Kemudian sudah kami rilis, pencarian ke berbagai tempat juga. Kami akan sampaikan sehingga nanti mudah-mudahan ini bisa membantu masyarakat yang tau menginformasikan ke­pada kami dan ten­tunya kami tetap proaktif mencari keberadaan yang bersangkutan dan bersama Polri. Ketika kemudian kami mengetahui yang bersangkutan, tentu langsung kami tangkap dan bawa ke KPK untuk diperiksa lebih lanjut.

Mengapa Harun belum berha­sil ditangkap KPK?

Jadi begini, bukan tidak berhasil atau tidak bisa menangkap, ini belum persoalannya. Jadi me­mang masih ada waktu untuk itu dan kami sekarang sudah beru­saha, sedang berupaya mencari keberadaan yang bersangkutan (HAR) dengan berbagai cara dengan bekerja sama dengan aparat penegak hukum (APH). Aparat kepolisian sudah me­nyanpaikan siap sepenuhnya mendukung tugas-tugas KPK untuk melakukan pencarian yang bersangkutan (HAR).

Apakah ada dugaan Harun disembunyikan?

Kami tidak berspekulasi apakah disembunyikan atau ke mana begitu ya. Kami tidak berspeku­lasi lebih jauh terkait dengan itu. Tapi tentunya ya siapa pun yang ternyata sengaja menyembunyikan, itu bagian dari merintangi tugas penyidikan.

Apakah ada keterlibatan pihak lain dalam kasus ini, contohnya Sekretaris Jenderal PDI-P Hasto Kristiyanto?

Sejauh ini kita sudah menetap­kan pemberi dan penerima. Di sana sudah jelas ya, kita fokus terlebih dahulu terhadap rangkaian perbua­tan tersangka ini dengan memer­iksa saksi dan dokumen dan alat bukti lainnya, supaya nanti semakin terang ketika proses penyidikan, terbuka di persidangan. yolanda permata putri syahtanjung/AR-3

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment