Koran Jakarta | March 24 2019
No Comments

Menyenangkan, Desain Hunian yang Dinamis

Menyenangkan, Desain Hunian yang Dinamis

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Mendesain hunian perlu dilakukan secara detil untuk mewujudkan rumah dengan suasana menyegarkan.

Semua orang tentunya menginginkan suasana hunian, baik apartemen maupun rumah tapak atau landed House yang menyenangkan dan nyaman. Beberapa orang berburu luas lahan yang lebuh demi untuk memiliki rumah yang bisa didesain lebih dinamis.

Tidak hanya pemilik rumah dengan ukuran luas. Bahkan, pemilik rumah dengan ukuran kecil atau juga pemilik apartemen, menginginkan desain memiliki yang rapi dan tertata agar bisa menikmati suasana yang lebih segar.

Nah, semua rencana untuk mendapatkan desain yang lebih dinamis itu, dapat diwujudkan dengan konsep desain yang tepat. Sebab, rumah yang tertata mampu memberikan suasana yang nyaman dan menyenangkan bagi siapa saja yang berada didalamnya.

Menurut praktisi desain Ari, karena rumah juga berfungsi sebagai pelepas stres saat penghuninya merasa bosan, maka mendesainnya semenarik mungkin merupakan keputusan yang tepat. Untuk itu, ada beberapa cara efektif agar suasana rumah Anda lebih menyenangkan.

Pertama, gunakan warna yang hangat dan lembut pada dinding rumah. Suasana yang menyenangkan didalam rumah tidak selalu datang dariwarna dinding yang cerah dan mencolok. “Karena Anda ingin menekankan pada suasana yang nyaman dan menyenangkan untuk sebuah ruangan, memilih warna dinding yang memiliki tone hangat dan lembut merupakan pilihan yang paling tepat,” papar Ari.

Anda juga dapat memilih warna krem, coklat tua dan merah maroon yang tentu saja memiliki tone yang lembut dan tidak mencolok.Warna-warna tersebut dapat memberikan suasana yang hangat selain itu warna-warna tersebut akan sangat cocok jika di kombinasikan dengan warna netral seperti putih dan hitam.

Tidak hanya pada dinding saja, warna yang hangat dan lembut juga dapat diterapkan pada furniture dalam rumah sebagai aksen warna yang manis.

Kedua, menentukan bantalan pada sofa. Bantalan pada sofa kadang tidak dianggap sebagai salah satu komponen yang mampu memberikan keindahan dan kenyaman di dalam rumah. Bantalan kecil pada sofa juga mampu menunjang keindahan dekorasi interior jika dipilih dengan teliti.

Akan tetapi jika Anda terlalu banyak menaruh bantalan sofa di dalam rumah, tentunya hal ini bukanlah hal yang baik karena ruangan yang terdapat bantalan kecil akan terlihat berantakan dan tidak tertata.

Pilihlah bantalan kecil sofa yang mampu memberikan kenyamanan dan jangan menaruh terlalu banyak didalam satu ruangan khususnya ruang tamu.

Ketiga, memilih furnitur mewah dan nyaman. Furnitur mewah tidak saja difungsikan untuk membuat interior semakin indah tetapi sebenarnya juga difungsikan untuk menambah kenyamanan. Furnitur mewah biasanya memiliki kualitas bahan yang berkualitas sehingga tetap terjaga keawatannya.

Misalnya saja sofa panjang yang terbuat dari kulit asli. Sofa dengan kulit asli memberikan nilai estetis yang tinggi selain itu juga mampu memberikan kenyamanan, kehangatan, dan suasana yang menyenangkan bagi siapa saja yang duduk diatasnya. Selain itu, sofa dengan bahan dasar kulit akan tahan lama jika dirawat dengan baik.

Keempat, menata agar pencahayaan terlihat lembut. Ketika berbicara tentang rumah ideal, tentu pencahayaan dari lampu merupakan aspek penting yang tidak dapat di hilangkan begitu saja. Pencahayaan sangat erat kaitannya untuk menciptakan ruangan yang nyaman dan menyenangkan.

Jika Anda mendambakan pencahayaan alami pada siang hari tanpa melibatkan lampu sama sekali, tentunya Anda perlu untuk memasang jendela yang besar agar cahaya matahari dapat masuk ke dalam ruangan yang terlihat suram dan gelap.

Lain halnya ketika malam datang, pencahayaan dari lampu haruslah lebih lembut agar suasna tetap nyaman dan menyenangkan. Anda dapat memilih cahaya lampu yang tidak terlalu terang dengan tone warna hangat yang dapat memberikan ketenangan saat Anda membutuhkan waktu untuk menyendiri.

Bukan berarti keseluruhan ruangan harus terpasang lampu dengan pencahayaan lembut, Anda bisa mengkombinasikan nya dengan lampu terang sebagai pencahayaan utama, dan lampu yang lembut di spot tertentu seperti ruang makan.

Agar lampu juga berfungsi sebagai salah satu elemen dekorasi, Anda dapat memilih lampu kristal yang terlihat berkilau di malam hari.

Kelima, memadu-padankan barang-barang lama dan baru. Dekorasi dalam rumah tidak harus selalu terlihat baru untuk memberikan kesan nyaman dan menyenangkan.

Dengan tema rustic yang biasanya menekankan pada gaya vintage dan di kombinasikan dengan gaya modern. Anda dapat memadu-padankan barang lama dengan yang baru untuk menciptakan kesan yang lebih artistik dalam rumah.

Misalnya pada ruang tamu yang sengaja Anda desain dengan konsep modern. Anda dapat memberikan tampilan vintage seperti memilih lampu dengan bentuk klasik.

Atau Anda juga dapat memilih karpet atau permadani dengan gaya klasik dengan corak warna yang sedikit gelap. Dengan perpaduan dua konsep yang berbeda, sudah pasti, ruangan akan lebih terlihat indah dan tentu Anda sebagai pemiliknya akan merasa senang untuk berlama-lama didalamnya.

“Demikianlah beberapa tips tentang bagaimana cara membuat rumah terasa lebih nyaman dan menyenangkan,” ujar Ari.

Dengan sedikit ketelitian dan kreatifitas, bukan hanya kenyamanan saja yang Anda dapatkan tetapi juga unsur estetis yang dapat terpenuhi.

Anda bisa meminta bantuan seorang interior desainer jika Anda tidak terlalu paham dalam mengkombinasikan beberapa elemen yang berbeda. yun/E-6

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment