Koran Jakarta | November 12 2019
No Comments
Pembentukan Kabinet

Menteri-menteri Kabinet Kerja Jilid Dua Diperkenalkan Hari Ini

Menteri-menteri Kabinet Kerja Jilid Dua Diperkenalkan Hari Ini

Foto : ANTARA/PUSPA PERWITASARI
KUNJUNGAN KEHORMATAN I Presiden Joko Widodo menyambut tamunya Wakil Presiden Republik Rakyat Tiongkok Wang Qishan dalam kunjungan kehormatan di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (20/10).
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Presiden Joko Widodo mengatakan akan memperkenalkan para calon pembantunya di Kabinet Kerja Jilid II pada Senin (21/10) pagi.

“Sudah, sudah rampung. Sudah se­lesai. Besok pagi (hari ini, red), saya ke­nalkan. Nanti, sorenya Pak Kiai Maruf Amin harus ke Jepang untuk meng­hadiri penobatan Kaisar Jepang,” kata Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (202/10), saat akan ke Gedung DPR/MPR untuk pelantikan.

Hadir mendampingi, Ibu Negara Iriana Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu, Kaesang Panga­rep, Bobby Nasution, dan cucunya, Sedah Mirah Nasution. “Ya, dikenal­kan dulu. Kemudian dilantik. Kalau sudah dikenalkan, ya pasti dilantik,” ucap Presiden.

Saat disinggung mengenai kom­posisi menteri di Kabinet Kerja Jilid II, Presiden belum mau mengung­kapkannya. Namun, dari partai poli­tik kurang lebih ada 16 orang.

“Ya kurang lebih (segitu). Saya be­lum ngitung (menghitung), kurang lebih (segitu),” jawab Presiden.

Dari para menteri itu, lanjut Presi­den, banyak didominasi wajah baru. Namun, juga ada yang lama. “Masih banyak (menteri lama). Tapi, yang baru lebih banyak,” tutup Presiden.

Dihubungi terpisah, Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, mengatakan Ketua Umum DPP PDIP, Megawati Soekarnoputri, telah menyerahkan nama-nama ka­der partai yang diajukan sebagai calon menteri kepada Presiden Jokowi.

“Nama-nama sudah diserahkan Megawati Soekarnoputri, sudah diba­has secara mendalam di pertemuan sebanyak dua kali. Jadi, kita tunggu saja apa yang akan disampaikan Pre­siden,” kata Hasto.

Tamu Negara

Usai dilantik, Presiden Jokowi bertemu Wakil Presiden Tiongkok, Wang Qishan, di Istana Merdeka pada Minggu malam. Selain itu, Pre­siden juga bertemu Wakil Presiden Republik Sosialis Vietnam, Dang Thi Ngoc Thin, Wakil Presiden Republik Uni Myanmar, Henry Van Thio, serta utusan khusus Presiden Republik Ko­rea, Noh Young-min, utusan Khusus Presiden Filipina Theodoro Locsin Jr, utusan khusus Perdana Menteri Jepang, Nakayama Norihiro, utusan khusus Presiden Persatuan Emirat Arab, Sheikh Nahyan Mabarak Al Na­hyan, dan utusan khusus Presiden Amerika Serikat, Elaine L Chao.

Sejumlah pimpinan dan kepala ne­gara sahabat juga hadir, di antaranya PM Malaysia Mahathir Mohamad, PM Singapura Lee Hsien Looong, dan PM Australia Scott Marison. fdl/AR-2

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment