Koran Jakarta | November 21 2018
No Comments

Mendesain Ruang Kerja di Rumah

Mendesain Ruang Kerja di Rumah

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Saat ini semakin banyak orang yang menjalankan bisnis dari rumah. Tidak bisa dipungkiri internet membuat banyak hal berbeda. Orang tidak lagi harus datang ke tempat kerja atau ke perusahaan jika ingin bekerja karena mereka bisa mengerjakan di rumah karena ada fasilitas internet. Sayangnya, sangat banyak orang yang tidak fokus jika bekerja di rumah. Untuk itu, diperlukan cara agar meningkatkan produktivitas kerja di rumah. Salah satunya dengan menerapkan desain ruang kerja di rumah.

Ruang kerja yang nyaman dengan desain yang fungsional sangat berpengaruh terhadap produktivitas kerja. Jika Anda merasa produktivitas kurang bagus saat bekerja di rumah, mungkin Anda perlu mendesain ruang kerja Anda. Berikut hal-hal yang perlu Anda perhatikan.

Tidak Menghadap TV. Terkadang acara TV menjadi distraction atau gangguan sehingga Anda tidak fokus dalam bekerja. Oleh sebab itu, sebaiknya meja kerja Anda tidak membuat Anda menghadap ke TV. Anda bisa memposisikan kursi kerja Anda membelakangi TV. Akan lebih baik jika tidak ada TV di dalam ruangan kerja agar Anda tidak terbujuk untuk menonton acara TV.

Namun, jika pekerjaan Anda sangat berhubungan dengan informasi terbaru yang disiarkan melalui TV, maka tidak salah jika posisi duduk Anda menghadap ke TV. Yang pasti, jangan sampai acara TV membuat Anda tidak fokus bekerja sehingga menurunkan produktivitas kerja di rumah. Menghadap ke Ruang Terbuka. Sekarang ini, sudah tidak zamannya lagi bekerja dengan menghadap ke tembok. Dulu memang cara ini dianggap cara yang paling efektif untuk meningkatkan produktivitas kerja karena membuat orang lebih fokus.

Namun, cara ini menimbulkan konsekuensi yang buruk. Orang akan bosan karena berjam-jam menghadap ke tembok. Anda perlu lihat beberapa ruang kerja di beberapa kantor saat ini. Justru desain ruang kerja terbuka. Setiap pekerja menghadap ke ruang terbuka agar suasana kerja fresh tidak hanya menghadap ke tembok. Akan lebih baik juga jika posisi duduk Anda menghadap ke taman.

Jadi, saat pandangan Anda tidak ke monitor laptop atau komputer, maka mata Anda akan menumukan pemandangan yang segar sehingga pikiran menjadi fresh dan siap bekerja kembali. Menciptakan Suasana Kantor. Meskipun Anda bekerja di rumah, Anda sebaiknya mendesain ruang kerja Anda seperti halnya kantor.

Desain seperti ini akan sangat mempengaruhi mood bekerja Anda sehingga Anda akan merasa lebih bersemangat. Anda bisa tempatkan rak buku berada di belakang Anda. Gunakan meja kerja dengan beberapa laci yang bisa Anda gunakan untuk menyimpan peralatan atau file kerja Anda. Tempatkan whiteboard untuk mencatat to-do-list yang Anda harus kerjakan setiap hari.

Mengatur Sirkulasi Udara. Tips desain ruangan kerja di rumah yang paling penting adalah tentang sirkulasi udara. Anda harus tahu orang mengantuk saat bekerja sering disebabkan karena sirkulasi udara yang kurang bagus meskipun tentu saja ada faktor penyebab yang lain.

Setidaknya jika Anda mendesain ruangan kerja dengan mempertimbangkan sirkulasi udara yang baik, maka Anda bisa menghirup udara yang segar. Secara tidak langsung, hal ini berpengaruh besar terhadap semangat bekerja Anda. Itulah beberapa pertimbangan yang harus Anda gunakan saat mendesain ruangan kerja di rumah.

Sebenarnya Anda bisa bekerja di ruang mana saja di rumah. Hanya saja, terkadang rasa malas itu muncul sehingga produktivitas menurun jika Anda tidak berada di dalam ruangan dengan desain yang bagus. Ini bisa menjadi ide Anda ketika mendesain ulang ruang kerja Anda di rumah. yun/E-6

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment