Koran Jakarta | November 12 2019
1 Comment
Kinerja Menteri | Kemendagri Merupakan Poros Pemerintahan dan Politik Dalam Negeri

Mendagri Tegaskan Satu Visi dengan Presiden

Mendagri Tegaskan Satu Visi dengan Presiden

Foto : KORAN JAKARTA/M FACHRI
BAHAS RENSTRA KEMENDAGRI | Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian (kanan) bersiap mengikuti rapat kerja dengan Komisi II DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (6/11). Rapat kerja tersebut membahas rencana strategis Kementerian Dalam Negeri tahun 2020-2024.
A   A   A   Pengaturan Font
Sebagai Menteri Dalam Negeri, baru kali pertama Tito Karnavian Raker dengan Komisi II DPR.

 

JAKARTA – Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengikuti rapat kerja perdana dengan Komisi II DPR RI. Dalam rapat itu, Tito memaparkan visi misi dan rencana strategis Kementerian Dalam Negeri. Tito juga menegaskan, sebagai menteri, ia satu visi dengan presiden. “Yang ada hanya visi-misi Presiden- Wapres,” kata Tito di Gedung DPR di Jakarta, Selasa (6/11).

Jadi kata dia, rencana strategis (Renstra) Kementerian Dalam Negeri tahun 2020-2024 merupakan pengejawantahan dari visi misi kepala negara. Lalu Tito memaparkan progres realisasi anggaran kementerian yang dipimpinnya. Kata dia, realisasi anggaran tahun 2019 per tanggal 4 November 2019, dari total alokasi anggaran sebesar 3, 4 triliun rupiah telah terealisasi sebesar 2,4 triliun rupiah. Atau terserap 72,19 persen.

“Hal itu mengalami peningkatan persentase sebesar 3,90 persen dibandingkan dengan realisasi anggaran pada periode yang sama tahun 2018 sebesar 68,29 persen,” ujarnya.

Mendagri optimistis, realisasi anggaran sampai dengan akhir tahun 2019 lebih meningkatkan lagi. Ia targetkan realisasi anggaran bisa mencapai sebesar 94,59 persen pada akhir tahun ini.

Kemudian Tito menyinggung soal tugas dan fungsi serta peran Kemendagri. Kata mantan Kapolri itu, Kemendagri adalah kementerian yang berfungsi sebagai poros pemerintahan dan politik dalam negeri. Punya tugas besar untuk ikut berkontribusi dalam penegakan demokrasi dan menjaga integrasi bangsa. Implementasinya melalui pelayanan publik, pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan daerah.

“Maka kebijakan dan strategi Kemendagri dalam lima tahun ke depan diarahkan untuk mendukung perwujudan 5 program prioritas pembangunan nasional tahun 2019- 2024,” ujarnya.

Lima program prioritas yang dimaksud kata Tito, pertama terkait dengan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM). Jadi kebijakan dan strategi Kemendagri sesuai tugas dan fungsinya adalah dalam kerangka mendukung pembangunan SDM yang berkualitas. Terutama peningkatan kualitas SDM aparatur baik internal Kemendagri, maupun aparatur di lingkup pemerintahan daerah sampai desa. Karenanya ia sebagai Mendagri akan berusaha keras untuk memastikan program prioritas nasional bisa diimplementasikan di daerah.

“Kemendagri akan mendorong pemerintah provinsi dan kabupaten atau kota membangun SDM unggul dan memanfaatkan bonus demografi. Sehingga bisa menghasilkan SDM yang terampil dengan menata pendidikan keterampilan dan vokasi,” katanya.

Rencana Aksi

Untuk itu, lanjut Tito, kementeriannya telah menyusun rencana aksi yang meliputi berbagai kegiatan untuk mendukung itu. Fokus atau prioritas lainnya adalah pembangunan infrastruktur. Untuk lingkup Kemendagri, terkait ini, ada beberapa program yang menyangkut pemenuhan sarana dan prasarana infrastruktur. Diantaranya penyelesaian pembangunan IPDN Kampus Kalimantan Barat dan Perpustakaan IPDN Jatinangor.

“Juga penerapan informasi dan teknologi dalam mengoptimalkan pelayanan publik. Kemendagri juga akan mendorong Pemda membangun infrastruktur sesuai kewenangannya agar menunjang infrastruktur yang dibangun pemerintah pusat. Sehingga menjamin konektivitas sentra produksi dan distribusi,” urai Tito.

Program prioritas ketiga katanya terkait dengan penyederhaan regulasi. Penyederhanaan regulasi sangat mendesak dilakukan. Karena ini menjadi bagian tak terpisahkan dari upaya percepatan pencapaian target-target pembangunan nasional. Regulasi-regulasi yang menghambat kemudahan berusaha dan investasi, terutama di daerah akan dipangkas atau disederhanakan. Program ini sudah dilakukan oleh Mendagri sebelumnya. Ia sebagai penerus akan melanjutkannya. ags/AR-3

Klik untuk print artikel

View Comments

jessi
Senin 11/11/2019 | 08:03
Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Sport165 titik net sarana Game online yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus Promo yang menakjubkan selalu di persiapkan
untuk teman teman yang ingin bergabung bersama yang kami, cukup dengan 1 id anda sudah bisa bermain di smua game sport165 titik net.
yuks..Buruan jangan buang waktu segera buktikan dan jadikan anda perioritas kami di Sport165 titik net paling best ya guys...


Submit a Comment