Koran Jakarta | November 20 2018
No Comments
Persiapan Pemilu

Mendagri Optimistis Tahapan Pemilu 2019 Berjalan dengan Baik

Mendagri Optimistis Tahapan Pemilu 2019 Berjalan dengan Baik

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Jakarta – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo optimistis pelaksanaan tahapan pemilu legislatif dan pemilihan presiden 2019 akan berjalan dengan baik. Penyelenggara pemilu dalam hal ini, Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) telah punya modal pengalaman bisa sukses menggelar hajatan Pilkada serentak di 171 daerah.

Menurut Tjahjo, modal pengalaman Pilkada itu sangat penting untuk mempersiapkan kerja besar selanjutnya menggelar pemilu serentak 2019. “Kami yakin dengan pengalaman pimpinan KPU dan Bawaslu yang punya pasukan melebihi TNI da Polri sampai tingkat TPS, saya optimis untuk pileg dan pilpres serentak akan berjalan dengan baik,” kata Tjahjo, usai menghadiri acara pelantikan anggota Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh di Jakarta, kemarin.

Tentu kata Tjahjo, sebagai Mendagri mewakili pemerintah, ia merasa perlu mengucapkan terima kasih kepada KPU dan Bawaslu yang telah bekerja keras melaksanakan hajatan pemilihan kepala daerah serentak di 171 daerah hingga berjalan sukses. Padahal aroma Pilkada tahun 2018, baunya sudah mengarah pada Pilpres.

Tetapi berkat kerja keras seluruh penyelenggara sampai tingkat TPS, yang tentunya juga didukung oleh aparat keamanan, pesta demokrasi di 171 daerah berjalan sukses. “Saya juga atas nama pemerintah pusat, mengucapkan terima kasih kepala Kapolri dan Panglima TNI beserta seluruh jajarannya yang telah bahu membahu mengamankan jalannya pesta demokrasi di 171 daerah, “ katanya. Ia yakin jika semua elemen saling mendukung. Bahu membahu.

Dan bersinergi, pelaksanaan tahapan pemilu serentak pun akan berjalan sukses. Setidaknya aman dan lancar. Saat ini tahapan pemilu 2019 telah dimulai. Dari hasil pantauannya, KPU telah bekerja secara profesional. “Contohnya hari ini Ketua KPU menerima 15 parpol yang harus selesai paling lambat jam 24 mendaftarkan para calegnya.

Saya ikut memantau cukup profesional. Mudah-mudahan apa yang menjadi keputusan KPU PKPUnya mampu dijabarkan dengan baik pada seluruh parpol,” ujarnya. Mengenai pelantikan anggota KIP, Tjahjo juga mengaku kini sudah bisa bernafas lega. Padahal sebelumnya, ia khawatir berlarutnya jadwal pelantikan anggota KIP bisa mengganggu tahapan pemilu yang telah berjalan.

Tapi ia bersyukur kini anggota KIP telah dilantik Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah. Artinya, pelantikan telah sesuai aturan perundang-undangan. “Atas dukungan bapak gubernur, pimpinan DPR Aceh, hingga hari ini bisa dilaksanakan pelantikan. Alhamdulillah Plt gubernur bisa melantik karena UU mengatakan yang melantik adalah gubernur Aceh,” ujarnya. ags/AR-3

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment