Koran Jakarta | October 21 2019
No Comments
Consumer Electronic Show 2019

Menanti Kedahsyatan Teknologi Mutakhir

Menanti Kedahsyatan Teknologi Mutakhir

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Tahun 2019 telah dimulai, artinya era teknologi mutakhir siap untuk meledak dan menghasilkan kedahsyatan yang bakal mengharu-biru manusia. Salah satunya dalam penyelenggaraan Consumer Electronic Show 2019 di Las Vegas, AS, pada Selasa (8/1), waktu setempat.

Waktu terus berjalan dan tahun silih berganti. Sekarang kita memasuki tahun 2019, hal mana tentu saja kita memasuki masa yang lebih modern. Teknologi pun semakin maju, jauh lebih maju dari apa yang kita bayangkan. Untuk itu, netizen sangat ingin menyaksikan apa saja teknologi yang dapat dimunculkan pada tahun ini.

Kesempatan itu ternyata datang lebih cepat dari yang diperkirakan. Consumer Electronic Show (CES) 2019 yang diselenggarakan pada 8 Januari 2019. Inilah beberapa teknologi yang hadir dan disuguhkan dalam pergelaran akbar CES 2019.

1. Wi-charge

Anda pasti sudah mendengar tentang pengisian daya baterai tanpa kabel dengan cukup meletakkannya di atas matras charging. Bagaimana jika itu lebih dikembangkan, menjadi konsep macam wi-fi hal mana dengan cukup meletakkan di sembarang tempat berarea wi-charge akan membuat gadget Anda dapat terisi sendiri baterainya? Wow banget tentunya.

2. Oculus Quest

Bagi penggemar game virtual reality (VR), ini adalah teknologi yang Anda tunggutunggu. Tidak perlu dikoneksikan dengan komputer atau hal-hal lainnya untuk bermain. Belum lagi ditambah kualitas display yang sangat tinggi hingga terasa begitu nyata dan tanpa kabel. Bersiap-siaplah untuk dunia maya yang nyata.

3. 5G

Sudah dapat dipastikan akan hadirnya teknologi ini. 5G yang merupakan kependekan dari fifth generation of wireless technology kemungkinan besar datang tahun ini.

Digadang-gadang 5G akan ratusan kali lebih cepat ketimbang sinyal 4G sendiri hingga Anda tidak memerlukan wi-fi lagi.

4. Komputer Hologram

Para ilmuwan sedang mengembangkan komputer jenis terbaru. Ini bukan macam touch screen di layar LCD ataupun LED, namun murni benar-benar hanya berbentuk panel digital dengan fitur sentuhan, hal mana itu bisa terdapat di dinding, kaca, atau permukaan apapun. Mudahnya bayangkan saja teknologi di film Minority Report.

5. Mobil pintar

Mobil pintar memang sudah dikembangkan. Sebagai contoh adalah beberapa produk mobil yang dapat memarkir dirinya sendiri. Namun di CES 2019, terdapat secercah harapan untuk melihat inovasi yang lebih dari itu. Digabungkan dengan konsep mobil listrik, orang-orang ingin melihat sebuah kendaraan roda empat yang dapat menggunakan sistem autopilot serta lainnya.

6. Televisi 8K

Sejujurnya kualitas 4K sudah lebih dari cukup untuk memberikan kesan yang nyata. Namun yang namanya manusia tidak bisa merasa puas. Orang-orang menantikan CES 2019 dengan harapan dapat melihat sebuah televisi yang mampu menawarkan kualitas 8K.

7. Artificial Intelligence (AI)

AI seperti SIRI masih hanya dimiliki segelintiran orang saja karena harga alatnya yang cukup tinggi. Perusahaan besar di bidang IT, seperti Apple, Amazon, Microsoft dan lainnya tak ingin akan hal itu. Oleh karena itu, mereka menanamkan banyak modal untuk terus mengembangkan AI. Tak hanya lebih mudah diakses, AI juga diperpintar hingga dapat belajar dan melakukan hal-hal layaknya manusia.  pur/R-1

Ponsel Pintar Terbaru

Awal tahun ini banyak sekali produsen ponsel pintar (smartphone) yang berlomba-lomba untuk merilis smartphone terbarunya. Sehingga tidak heran, jika semakin lama teknologi pada sebuah smartphone akan terus maju dan berkembang secara pesat. Bagi Anda yang ingin membeli smartphone terbaru yang dirilis pada tahun ini, berikut beberapa diantaranya.

1. Samsung Galaxy S10 & S10+

Sebagai icon produsen smartphone canggih yang cujkup ternama, Samsung tidak pernah berhenti untuk menciptakan sebuah varian smartphone terbaru. Kabarnya, varian smartphone ini akan dirilis pada Februari dengan mengusung teknologi 5G dan ultrasonic fingerprint.

Beberapa bocoran sudah keluar terkait smartphone ini. Ada yang mengatakan ponsel ini memiliki tiga kamera belakang dan memiliki bezel yang lebih kecil, ada pula yang bilang headphone jack tidak akan dihilangkan. Belum lagi ada yang mengira jika ponsel ini akan menjadi terobosan Samsung, untuk menjadi ponsel pintar lipat pertama mereka. Apapun rumornya, rilisnya S10 tetap akan jadi hal yang menarik.

2. Samsung Galaxy F

Masih dari keluarga Samsung, di mana smartphone yang kabarnya mengusung desain Infinity Flex Display ini akan dibekali dengan sistem operasi Android 9 yang cukup ideal untuk smartphone masa kini. Dan rencananya, Samsung akan merilis smartphone ini pada Maret 2019.

3. Apple iPhone 11

Sebagai produsen gadget yang cukup ternama, Apple juga memiliki sebuah varian smartphone terbaru yang akan rilis pada tahun ini. Smartphone yang kabarnya akan rilis pada September 2019 ini akan mengusung sebuah konsep triple kamera yang dibekali dengan teknologi sensing 3D.

Kabar terakhir adalah Apple sedang menggarap fitur kamera 3D berjarak jauh. Itu sepertinya akan menjadi kartu as Apple untuk iPhone terbarunya ini.

4. Nokia 9

Produsen gadget yang cukup legendaris ini akan meluncurkan varian smartphone terbarunya dengan teknologi paling terkini. Akan dirilis tahun ini, namun Nokia masih merahasiakan tentang bulan dan tanggal smartphone ini akan dirilis.

Sudah jarang didengar orang awam, teknologi dari Nokia sejujurnya terus dinantikan para penggemar gadget sejati. Contohnya kabar Nokia 9 yang diperkirakan memiliki kamera belakang sebanyak lima. Itu diperkirakan akan mendorong dunia fotografi smartphone menjadi berbeda.

5. Google Pixel 4

Smartphone besutan Google ini merupakan sebuah varian smartphone flagship yang kabarnya akan dirilis pada Oktober 2019. Bocorannya, smartphone ini akan mengusung sebuah desain bezel-less dengan dibekali sistem operasi paling terbaru.

6. Huawei P30 Pro

Pada 2018 menjadi salah satu tahun terbaik bagi Huawei. Ponsel-ponsel yang mereka ciptakan banyak membuat orang tertegun. P20 Pro dan Mate 20 Pro adalah ponsel-ponsel yang banyak dibicarakan.

Ada rumor di P30 Pro ini bahwa Huawei akan menggunakan sensor kamera mencapai 38 megapixel. Namun yang paling diharapkan adalah ponsel ini dapat memotret dalam kegelapan dengan cepat dan baik.

7. Honor 11

Honor sudah terkenal dalam memberikan ponselponsel berspesifikasi tinggi dengan harga yang kompetitif. Lalu apa lagi yang diharapkan dari mereka?

Tentu saja ponsel seperti itu dengan fitur baru. Honor 11 dipercaya dapat menjawab kepercayaan itu dengan memberikan fitur teardrop notch dan layar display punch hole dengan harga yang lebih terjangkau.

8. OnePlus 7

OnePlus sering membiarkan kabar-kabar ponselnya bocor dan untuk itu kita pun mengetahui jika OnePlus 7, smartphone seri terbaru tersebut memberikan fitur 5G. Kemungkinan ia akan menjadi ponsel pertama yang kompatibel dengan jaringan 5G. Oh iya, OnePlus 7 juga diperkirakan akan menggunakan prosesor Android terbaru, yaitu Snapdragon 855. pur/R-1

 

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment