Koran Jakarta | November 23 2017
No Comments

Memulai Karier Sebagai “Management Trainee”

Memulai Karier Sebagai “Management Trainee”

Foto : KORAN JAKARTA
A   A   A   Pengaturan Font

Pertanyaan :

Bu Rossa, saya baru lulus S1 dan ingin langsung bekerja. Bagaimana menurut Bu Rossa tentang program management trainee? Mohon advisnya Bu. Rizki, Jakarta

Jawaban :

Kamu seorang fresh graduated? Maka tidak ada salahnya untuk melamar sebagai Management Trainee. Perusahaan multinasional banyak menawarkan program ini. Tujuannya adalah menyaring dan mengembangkan karyawan untuk menjadi pemimpin yang kompeten. Dalam posisi ini kamu bekerja sekaligus belajar untuk menempati posisi strategis di perusahaan.

Lalu apa saja yang perlu kamu ketahui tentang program pengembangan ini? Yuk, simak untung ruginya jika kamu mendaftar sebagai Management Trainee.

Keuntungan yang Akan Kamu Peroleh :

1. Belajar Sekaligus Menerima Gaji

Setelah melalui proses seleksi dan kamu diterima masuk ke program Management Trainee maka kamu akan menjalani beberapa pelatihan. Mulai dari ujian, on the job training dan semuanya akan dibimbing mentor yang berpengalaman. Kamu akan belajar tentang banyak hal di perusahaan.

Ada rotasi yang berlaku bagi setiap peserta Management Trainee, kamu akan ditempatkan di berbagai departemen. Di setiap departemen kamu akan menerima pengetahuan yang baru. Hal ini penting untuk mengasah bakat dan minat kamu. Dan yang menyenangkan kamu akan menerima gaji yang tidak jarang lebih tinggi dari staff lainnya.

2. Memiliki Jenjang Karir yang Jelas

Management Trainee melatih pesertanya untuk menempati posisi manajerial yang sesuai dengan minat kamu. Mengapa bisa demikian? Karena saat menjalani program Management Trainee peserta akan diarahkan untuk mengetahui minat dan bakat yang kamu miliki. Tentu menyenangkan bukan?

Dengan sistem yang demikian tentu kamu akan memperoleh kesempatan mengembangkan karier kamu di masa yang akan datang. Tidak hanya itu, jika kamu lolos program Management Trainee di perusahaan besar, tentu saja semakin membuat CV kamu menarik.

Kekurangan dari Management Trainee :

1. Bersifat Mengikat

Salah satu kelemahan dari Management Tarinee adalah bersifat mengikat. Ikatan dinas ini bisa satu tahun, dua tahun bahkan lebih. Beberapa perusahan bahkan menerapkan untuk menyerahkan ijazah sebagai jaminan saat menjalankan program ini. Tidak jarang juga ada sistem denda jika tidak mengikuti program Management Trainee hingga selesai. Tentu hal ini menjadi kendala saat kamu merasa kurang nyaman dan berniat keluar dari program tersebut.

2. Menuntut Komitmen Tinggi

Saat mengikuti program Management Trainee kamu akan dituntut dengan komitmen yang tinggi. Meskipun dipersiapkan untuk menduduki jabatan manajer, kamu harus siap mengerjakan tugas dan pekerjaan dari posisi yang tidak biasa. Jangan kaget jika saat menjalani Management Trainee kamu diminta mengerjakan tugas yang biasa dikerjakan office boy.

Saat menjalani program ini kamu dituntut untuk memiliki komitmen yang tinggi dalam menjalani tugas. Tentu saja kamu tidak boleh lemah dan harus kuat mental, karena setiap jenjang harus kamu lalui dari tingkatan bawah ke posisi puncak.

Demikian untung rugi dari mengikuti program Management Trainee, jika kamu tertarik dan sanggup tidak ada salahnya untuk mencobanya. Selamat berkarier dan sukses untuk mu!

 

 

 

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment