Membuka Ruang Pamer Digital | Koran Jakarta
Koran Jakarta | September 19 2020
No Comments
Ruang Pamer Digital

Membuka Ruang Pamer Digital

Membuka Ruang Pamer Digital

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Merebaknya pandemi Covid-19 justru mempercepat proses transformasi digital yang telah direncanakan pemerintah. Banyak peluang yang bisa dilakukan secara online.

Staf Ahli Kementerian Komunikasi dan Informatika Bidang Kebijakan Digital, Deddy Permadi mengatakan, munculnya pandemi justru mempercepat proses transformasi digital yang telah direncanakan pemerintah. "Pandemi ini mempercepat transformasi digital, salah satunya mendorong ekosistem ini," kata Deddy dalam Webinar bertajuk Jaga UMKM Indonesia: Kebangkitan UMKM Di Era Pandemi Covid-19, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Demi mendorong akselerasi digitalisasi ini Kementerian Komunikasi dan Informatika melakukan tiga hal, yakni infrastruktur digital, menyiapkan sumber daya manusia (SDM) era digital dan sector UMKM. Salah satu kendala yang dihadapi saat ini, masih ada 12 ribu dari 83 ribu desa atau kelurahan yang belum mendapatkan akses jaringan internet 4G di seluruh Indonesia. Pemerintah menargetkan pada akhir 2021 sebagian desa yang belum telh terjangkau sinyal 4G.

Sehingga pada tahun 2020, semua wilayah di Indonesia telah tersambung internet 4G. Hal ini sangat penting bisa dilakukan sebagai bentuk dukungan kepada UMKM dan penerapan digitalisasi. "Harapannya pada akhir 2021 sebagian desa itu sudah terjangkau sinyal 4G dan sampai 2022 sudah terjangkau 4G di semuanya," kata Deddy.

Seiring dengan harapan pemerintah, maka banyak peluang yang bisa dilakukan untuk usaha di bidang digital atau online. Karena adanya pembatasan, maka usaha berbasis online menjadi penting.

Salah satu bentuk naytanya apa yang telah dilakukan oleh BMW Indonesia, yang baru saja meluncurkan ruang pamer virtual, lewat situs interaktif mybmwdealer.co.id, sebagai inovasi dalam masa normal baru. Website tersebut menjadi digital touchpoint utama dengan pengalaman virtual yang lebih dikembangkan, dalam kunjungan dealer, sarana komunikasi dengan business consultant dan service advisor, serta eksplorasi kendaraan terbaru BMW secara virtual.

Direktur Komunikasi BMW Group Indonesia Jodie O’tania, mengatakan bahwa program layanan konsumen tersebut bagian dari strategi jangka panjang BMW Global. “Secara konsisten, BMW Indonesia terus kembangkan inovasi untuk mewujudkan strategi digitalisasi,” katanya dalam konferensi pers daring, Rabu (12/8).

Selanjutnya Irhan Farhan (Head of Digital BMW Asia) menambahkan, keterbukaan informasi dan kemudahan untuk berkomunikasi adalah kunci di samping infrastruktur teknologi yang canggih. Menurutnya, BMW Virtual Showroom ini dapat menjadi solusi bagi para calon pelanggan ataupun pelanggan BMW, untuk mencoba kanal komunikasi baru yang lebih komprehensif.

“Hadirnya website BMW Virtual Showroom juga memudahkan para pelanggan untuk berkomunikasi langsung dengan business consultant terbaik BMW dengan aplikasi WhatsApp atau via telepon,” kata Irhan.

Adapun fitur paling istimewa dari situs interaktif mybmwdealer.co.id terbagi menjadi dua, yaitu 360 derajat model tur untuk pengalaman kunjungan showroom dan interior kendaraan virtual tanpa perlu meninggalkan kenyamanan rumah.

Hyperoom Diesel Memperkenalkan Mode Virtual

Masa depan mode dengan cepat dibentuk ulang oleh acara mode virtual, model yang dihasilkan komputer, dan ruang pamer digital yang imersif, seperti yang terlihat pada platform digital 360 derajat dan ruang pameran baru yang disebut Hyperoom.  Pengalaman baru dari Diesel dan perusahaan induk OTB ini dibuat untuk merampingkan proses menerima pesanan, dan menawarkan pengalaman yang imersif bagi klien sebagai pengganti interaksi langsung. Pada saat pertukaran klien tidak dapat dilakukan seperti biasa secara langsung, pembeli terhubung ke Hyperoom untuk melihat koleksi Musim Semi atau Musim Panas '21 Diesel. Di ruang virtual yang terinspirasi industri ini, pembeli dapat menghargai desain dari semua sudut dan juga melihat detail gambar 2D dan deskripsi produk. Biasanya, ada ruang yang dikhususkan untuk produk denim dan pembeli diundang untuk menonton video yang menjelaskan kesesuaian setiap gaya.

Hyperoom adalah platform digital dan ruang pameran yang dibuat oleh perusahaan induknya OTB untuk memfasilitasi pembelian fashion yang efisien dan mengundang pembeli di dunia baru.

“Tahun 2020 telah memicu urgensi untuk mempercepat apa yang dapat kami tawarkan dan capai di ruang digital, ”kata CEO Diesel, Massimo Piombini. “Dengan alat ini kami telah menetapkan tolok ukur baru untuk industri, dalam hal transformasi digital. Hyperoom adalah pengalaman pembelian virtual terbaik, ” tambahnya.

Hyperoom oleh OTB dirancang untuk menciptakan keterlibatan yang mendalam dan emosional dengan pembeli dan vendor. Untuk meminimalkan fakta, bahwa pertukaran sekarang akan terjadi di ruang non-fisik, proses pengambilan pesanan telah sangat disederhanakan. Setiap merek OTB akan ada dalam Hyperoom, mempertahankan gaya, kepribadian, dan nilainya sendiri melalui bagian platform yang disesuaikan.

Diesel membuat ini bertujuan untuk mempertahankan elemen fisik sebanyak mungkin, ruang virtual dibuat setelah showroom merek di Milan. Untuk menciptakan kembali proses penjualan secara digital, Diesel telah mengaktifkan sesi pembelian jarak jauh, melalui aset digital yang disempurnakan dan komprehensif. Hasilnya, pembeli akan terlibat dalam perjalanan lengkap, yang ternyata bisa melampaui janji temu showroom biasa.
Pengalaman dimulai dengan jendela digital, yang menciptakan hubungan emosional dengan pembeli, sekaligus menunjukkan suasana hati dan potongan paling ikonik yang ditawarkan. Dari sana, arena berbagai komponen interaktif terungkap. Pembeli dapat menjelajahi ruang pamer, melihat video dari koleksi Musim Semi dan Musim Panas 2021. Potongan pakaian dan aksesori khas akan ditampilkan dalam tampilan 360 derajat. Closeup 2D terperinci, dengan deskripsi produk juga tersedia. Fokus khusus didedikasikan untuk denim, pusat warisan Diesel. Akan ada ruang virtual khusus dari setiap gaya, bersama dengan gambar kualitas tinggi yang diberikan, untuk mereproduksi sentuhan dan nuansa produk fisik itu sendiri.
Untuk menyelesaikan pesanan, ada antarmuka yang mudah digunakan, yang akan memberi pembeli gambaran umum tentang pilihan mereka. Sepanjang perjalanan virtual ini, vendor Diesel langsung akan terhubung dengan pembeli, berbicara kepada koleksi dan menuntun pembeli melalui proses. Hyperoom menggarisbawahi tiga pilar penting yaitu akselerasi digital, kepositifan, dan keberlanjutan. Dengan platform pembelian baru ini, akan secara signifikan mengurangi jumlah sampel pakaian yang dibuat untuk dipajang, di ruang pamer, serta mengurangi kebutuhan bepergian untuk melihat koleksi baru. ars

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment