Koran Jakarta | October 20 2017
No Comments

Membuat Atasan Terkesan

Membuat Atasan Terkesan

Foto : KORAN JAKARTA
A   A   A   Pengaturan Font

Pertanyaan :

Bu Rossa, mimpi saya menjadi kenyataan.

Saya diterima bekerja di perusahaan besar yang selama ini saya impikan. Saya ingin bekerja keras dan membuat atasan saya terke­san, namun tetap menjaga hubungan baik dengan rekan-rekan kerja yang lain. Mohon advisnya ya bu. Nando, Tangerang

Jawaban:

Kamu sudah diterima be­kerja di suatu perusahaan? Ini saatnya kamu menunjukkan sepak terjang kamu di kantor. Tapi terkadang, prestasi seba­gai staff baru dilihat sebagai upaya cari muka oleh staff-staff yang lebih senior. Nah, bagaimana caranya menjalin hubungan tetap baik sesama staff senior namun kamu te­tap bisa membuat atasan ter­kesan dengan kinerja kamu?

  • Tantang Diri Kamu

Kerjakan tugas yang di­berikan oleh atasan kamu, sesulit apapun tugas itu, kerjakan sebisa dan sebaik mungkin, tanyakan ke­pada staff senior jika kamu mengalami kesulitan dalam menjalankan tugas yang di­mandatkan oleh atasan. Staff senior pasti akan membantu kamu, dan jika kamu berhasil mengerjakan tugas tersebut, atasan dan staff senior akan bangga dengan kinerja kamu.

  • Speak Up

Keluarkan ide-ide disaat meeting dengan divisi kamu, berikan ide-ide segar dan inovatif, jelaskan ide kamu dengan detail dan terperinci agar atasan dan rekan kerja kamu mengerti arah dan tu­juan ide kamu, namun, yang perlu diingat disaat mem­presentasikan ide, jangan terkesan kamu menggurui mereka atau lebih tahu dari mereka, sesekali bertanyalah mengenai ide kamu kepada staff lainnya.

  • Upgrade Skill Kamu

Jika atasan dan rekan kerja kamu sudah menyukai kinerja maksimal yang kamu berikan, saatnya mengem­bangkan keterampilan lebih luas lagi. Pelajari atau cari tahu lebih lanjut bidang yang sedang kamu tekuni atau tugas baru yang sedang diberikan oleh atasan kamu, banyaklah bertanya kepada staff yang memang sudah ahli dalam mengerjakan tugas tersebut.

  • Do The Work A.S.A.P

Jangan menunda-nunda pekerjaan yang diberikan oleh atasan, segara kerjakan dan selesaikan dengan baik, jika kamu diberi tenggang waktu 2 hari untuk menyele­saikannya, usahakan selesai dalam waktu 1 hari, selain akan mendapat poin lebih dipenilaian atasan, kamu juga mempunyai waktu luang untuk mengembangkan kete­rampilan lainnya.

  • Join The Club

Ingat, kamu bekerja se­bagai bagian dari tim atau divisi kamu, jangan egois dan usahakan sefleksibel mung­kin terhadap divisi kamu. Ba­nyak bertanya tidaklah salah selama itu tidak mengganggu rekan divisi kamu. Bekerjalah sebagai bagian dari tim atau divisi kamu.

  • Keinginan Yang Kuat

Jangan bergantung de­ngan orang lain, tunjukkan keinginan yang kuat dalam bekerja, inisiatif merupakan hal yang sangat dihargai oleh setiap atasan di setiap per­usahaan.

  • Be The Expert

Jadilah “kamus” untuk atasan kamu, selalu up-to-date dengan dunia atau sepu­tar informasi yang menyang­kut kerjaan kamu merupakan sebuah nilai tambah yang akan sangat diperhitungkan oleh atasan kamu.

Jadilah sebagai individu yang bisa diandalkan oleh rekan dan atasan kerja kamu, selain atasan terkesan, kamu juga akan memperoleh peng­alaman dan ilmu-ilmu baru dari rekan seprofesi kamu. So, be ready to reach your day! 

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment