Koran Jakarta | September 15 2019
No Comments

Membangun Merek Bisnis agar Cepat Dikenal

Membangun Merek Bisnis agar Cepat Dikenal
A   A   A   Pengaturan Font

Pertanyaan:

Bu Rossa, bagaimana agar merek yang baru di launching cepat dikenal target konsumen?

Jawaban:

Mengapa membangun merek bisnis itu sangat penting? Seperti yang diketahui, merek menjadi identitas dari bisnis yang digeluti. Adanya merek juga membantu masyarakat untuk mengenal produk apa saja yang dijual. Misalnya, merek Chanel yang menggunakan identitas “huruf C” yang saling bergandengan.

Membangun merek bisnis bukanlah hal yang mudah. Apalagi merek dari bisnis yang dulunya kecil ingin berkembang menjadi bisnis yang besar. Namun, jangan putus asa. Inilah tips membangun merek bisnis yang efektif, seperti yang dikutip dari Cermati. com:

1. Mengetahui Target Pemasaran

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan target pemasaran. Caranya dengan riset langsung ke lapangan untuk menentukan kepada siapa produk tersebut akan dijual.

Target pemasaran yang jelas akan membuat Anda mengetahui metode pemasaran yang tepat agar produk tersebut laku di pasaran. Selain itu, Anda juga mampu menentukan harga per produk agar sesuai dengan kantong konsumen.

2. Mengetahui Keunikan Produk yang Dijual

Setelah berhasil menentukan target pasar, coba teliti apa yang menjadi keunikan dari produk yang dijual. Apa itu dari segi warna, motif, desain, bahan atau bahkan kemasan produknya. Intinya, keunikan produk ini menjadi karakteristik yang membedakan produk Anda dengan produk orang lain.

3. Beri Label Produk

Selanjutnya adalah pemberian label atau merek produk. Memberikan label bukanlah hal yang mudah. Selain menyesuaikan nama dengan keunikan produk, Anda juga harus mencari label yang belum pernah digunakan orang lain. Karena itu, lakukan riset mendalam sebelum melabeli produk. Sebab label produk ini juga akan berpengaruh pada logo, desain, dan tampilan dari website yang akan digunakan nanti.

Anda juga bisa menggunakan nama diri sebagai label produk yang dijual. Dengan begitu, orang tahu kalau Anda adalah desainer yang merancang sekaligus memproduksi barang tersebut.

4. Mendesain Logo yang Menarik

Logo berfungsi sebagai gambar produk yang dijual. Logo juga membantu orang lain untuk mengenali sebuah merek. Dengan adanya logo, seseorang juga tahu merek apa yang sedang dipakai orang lain.

Untuk itu, desainlah logo yang menarik, mewah, dan unik. Gunakan simbol-simbol dan tulisan untuk mewakili logo agar terlihat lebih unik dan berkelas.

5. Promosi di Media Sosial

Selain sebagai wadah untuk pemasaran, media sosial juga bagus untuk branding produk. Milikilah setidaknya satu akun media sosial dari produk yang dijual untuk melakukan branding. Setiap kali orang lain memakai merek milik Anda, mereka dapat men-tag akun media sosial brand tersebut. Dengan begitu, orang lain tahu merek apa yang digunakan pembeli.

Dengan media sosial, Anda juga dapat menaikkan omzet penjualan. Sebab media sosial dapat dijadikan sebagai wadah untuk promosi. Caranya cukup mudah, cukup bagikan konten akunnya ke timeline. Dengan begitu, apa yang Anda bagikan dapat dilihat orang lain.

6. Memakai Jasa Influencer

Untuk menaikkan pamor dari brand yang dijual, Anda juga bisa menggunakan para influencer. Caranya dengan menjalin kerja sama agar si influencer mau memasarkan produk milik Anda. Bisa dikatakan kalau si influencer sendiri menjadi cara untuk mempromosikan produk yang Anda jual.

Menggunakan jasa influencer terkenal menjadi cara paling efektif yang paling banyak digunakan pebisnis online saat ini. Sebab para pengikutnya secara otomatis akan melihat barang yang dipakai dan ikut membeli jika menurut mereka bagus.

7.Mulailah dari Hal Kecil

Membangun merek produk butuh proses yang cukup panjang. Agar branding berhasil, mulailah dengan melakukan hal-hal kecil di atas. Jika ternyata diri Anda gagal, jangan langsung putus asa ya. Tetap semangat karena tiada hasil yang mengkhianati usaha. 

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment