Koran Jakarta | April 26 2019
No Comments

Membaca Hasil Wawancara

Membaca Hasil Wawancara
A   A   A   Pengaturan Font

Pertanyaan:

Bu Rossa, apakah kita bisa mengetahui kemungkinan kita diterima bekerja atau tidak setelah wawancara akhir?

Jawaban:

Sejatinya Anda bisa mem­baca kemungkinan Anda di­terima atau tidak usai wawan­cara dilangsungkan. Jawaban ataupun reaksi perusahaan menunjukkan berapa besar ketertarikannya kepada Anda. Apakah perusahaan benar-benar berharap Anda untuk menjadi bagian dari perusa­haan atau tidak.

Tersenyum Antusias

Jarang perusahaan me­nunjukkan ketertarikan amat sangat pada orang-orang yang diwawancaranya. Jika perusa­haan memberikan senyum antusias dan beberapa kali mengangguk menunjukkan kesetujuan untuk apa yang Anda utarakan, artinya besar kemungkinan perusahaan sa­ngat tertarik dengan Anda.

Segera Kami Kabari

Adalah kalimat yang meng­acu pada ketidaksabaran untuk menginformasikan kepada Anda hasil wawancara tersebut. Sebenarnya bisa saja perusahaan berbasa-basi mengatakan akan mengata­kan, “Segera kami kabari,” tapi jika dalam kondisi yang biasa dalam arti perusahaan tidak menganggap Anda cukup istimewa, biasanya dikatakan, “Akan kami kabari,” saja.

Diskusi Gaji

Anda dan perusahaan sudah mulai mendiskusikan nominal gaji yang akan Anda dapatkan kalau Anda bekerja nantinya di perusahaan ter­sebut. Biasanya perusahaan tidak mau membuang waktu mendiskusikan nominal gaji jika belum yakin kalau dialah kandidat kuat sebagai karya­wan.

Tugas dan Tanggung-jawab

Perusahaan memberikan minat dan perhatian khusus kepada tugas dan tanggung-jawab Anda di perusahaan lama. Perusahaan meminta Anda menjelaskan apa-apa saja yang menjadi kewajiban Anda di perusahaan lama dan menginformasikan apa yang akan Anda kerjakan juga nanti­nya di perusahaan baru.

Sejarah Perusahaan

Secara tak langsung per­usahaan menjelaskan sejarah perusahaan secara detail, klien-klien yang dulu dipegang oleh perusahaan, problem yang dihadapi oleh perusa­haan serta hal-hal detail lain yang semestinya tidak perlu diutarakan secara blak-blakan kepada calon karyawan. Jika itu dilakukan artinya Anda me­miliki nilai lebih bagi perusa­haan tersebut.

Mengagumi CV

Jika perusahaan secara tak sadar mengagumi CV Anda dan berulang-kali menghatur­kan pujian artinya perusahaan memberikan apresiasi positif pada kinerja Anda di per­usahaan lama. Dan apa yang sudah Anda lakoni di perusa­haan lama sesuai dengan apa yang dicari oleh perusahaan. Ini adalah pertanda jelas kalau Anda sudah mencuri perhati­an mereka.

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment