Koran Jakarta | October 20 2018
No Comments
SAINSTEK

Memanipulasi Hormon untuk Pertumbuhan Tanaman

Memanipulasi Hormon untuk Pertumbuhan Tanaman
A   A   A   Pengaturan Font

Sebuah studi phytologist baru menunjukkan bahwa hormon yang dirancang di laboratorium melalui teknik penggabungan kimia, biologi, dan teknik mungkin digunakan untuk memanipulasi pertumbuhan tanaman dengan berbagai cara.

Para ilmuwan memanfaatkan kekuatan kimia sintetis untuk merancang senyawa yang mirip dengan auksin, hormon kimia kecil yang mengendalikan hampir semua aspek pertumbuhan, perkembangan, dan perilaku tanaman.

Senyawa-senyawa ini dapat digunakan untuk berbagai tujuan pertanian, misalnya untuk memanipulasi pematangan tanaman buah atau untuk mencegah penyebaran transgen yang tidak diinginkan (gen yang telah dipindahkan dari satu organisme ke organisme lain) di lapangan.

“Ini benar-benar memuaskan sebagai ahli biologi tanaman yang bekerja sama dengan ahli kimia sintetis dapat menghasilkan alat yang mengubah permainan.

Dengan versi baru auksin dan reseptor direkayasa, kita mungkin bisa menentukan tindakan auksin yang diinginkan dalam tanaman target atau jaringan bunga tanpa mengganggu fisiologi bagian tanaman atau tetangga lainnya,” kata Dr. Keiko Torii dari University of Washington, di Seattle yang juga penulis utama dalam studi ini. 

 

nik/berbagai sumber/E-6

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment