Koran Jakarta | December 16 2018
No Comments

Memaksimalkan Masa Muda Menggapai Sukses

Memaksimalkan Masa Muda Menggapai Sukses

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Judul : Time of Your Life

Penulis : Rando Kimi

Penerjemah : Dina Kumala Sari

Tebal : xviii + 402 halaman

Penerbit : Bhuana Ilmu Populer

Cetakan : I, 2017

ISBN : 978-602-394-652-5

Mestinya, masa muda adalah era penuh kobaran semangat dalam menjalani kehidupan. Dalam perjalanannya, terkadang masa muda diiringi rasa bingung, takut, dan cemas menentukan arah. Sekarang banyak anak muda yang tidak menyadari waktu begitu cepat berlalu. Ketika sudah berada di ambang batas waktu, mereka baru tersadar.

Rando Kim dalam bukunya Time of Your Life mengajak pembaca menikmati masa muda penuh arti agar tidak kehilangan jati diri tanpa ragu atau kecemasan. Banyak kaum muda menyalahkan diri sendiri karena menjadi pemalas, tidak memiliki tujuan, dan tidak tahu yang harus dilakukan (hal 46).

Anak muda butuh waktu untuk melihat ke dalam diri, mencari sebuah jawaban tujuan hidup agar memahami diri sendiri dengan baik. Hal itu akan membawa pada sebuah semangat hidup. Sesungguhnya, suatu pencapaian hanya akan dapat terpenuhi jika seseorang memiliki tujuan jelas, metode tepat, dan komitmen untuk mewujudkannya (hal 75).

Banyak anak muda hanya berupaya membuktikan dapat kerja keras, tanpa memedulikan tujuan dan metode. Hal ini merupakan suatu bentuk ketidakcermatan. Mereka mampu bekerja keras, tetapi tidak dapat berkaca pada diri sendiri. Ada yang berpikir bahwa semakin cepat meraih kesuksesan akan lebih baik, sehingga tanpa sadar menimbulkan kecerobohan.

Arti yang sebenarnya dari kesuksesan hidup ditentukan pecahan terakhir yang akan diletakkan untuk melengkapi puzzle hidup. Maka, mengambil langkah yang benar lebih penting daripada melangkah dengan cepat (hal 237).

Kebahagiaan tidak selalu menjadi pasangan tepat bagi kesuksesan. Seseorang harus berlatih, mencoba, dan mengetahui cara menikmati hidup sehingga bisa menemukan kebahagiaan yang sebenarnya. Menikmati hidup dengan sepenuhnya bukan berarti hanya untuk mencari kesenangan. Seseorang hanya bisa menikmati hidup jika tahu waktu harus berdisiplin (hal 261–262).

Keberhasilan dalam hidup bukanlah satu pencapaian besar. Keberhasilan adalah usaha yang dapat dilakukan setiap hari secara konsisten. Itulah sebuah dedikasi yang sesungguhnya yang memerlukan sebuah revolusi dari dalam. Karena yang terpenting adalah keberanian untuk mendedikasikan diri dalam mengubah kehidupan, dan pada saat bersamaan terus bergerak dan maju apa pun yang ingin diwujudkan.

Kebahagiaan bukanlah sesuatu yang bisa dibandingkan maupun diperhitungkan seberapa banyak yang dimiliki orang lain. Orang-orang sering meninggikan kebahagiaan orang lain dan merendahkan kebahagiaan sendiri dengan memfokuskan milik orang lain, tanpa melihat kekayaan sendiri. Kita telah terjebak menjadi korban fokalisme dengan menganggap diri kita tidak bahagia. Jalan menuju kebahagiaan bila kita mampu mengapresiasi diri sendiri.

Seseorang lebih baik menulis mimpi dan kemampuan di atas selembar kertas putih daripada pikiran melayang-layang. Dari sanalah, dia bisa menemukan jawaban pertanyaan kehidupan (hal 347).

Rando Kim berpesan, “Jadilah seorang investor bodoh yang mampu menunggu dengan sabar untuk setiap kesempatan yang datang. Daripada menjadi seorang pelari cepat yang berlari sekuat tenaga hanya untuk terjatuh dan kelelahan di tengah lintasan, lebih baik menjadi seorang petualang pemberani yang dalam satu waktu mengambil satu langkah, tanpa melepaskan penglihatan dari tujuan.” 

Diresensi Tri Jazilatul Khasanah, Mahasiswi Universitas Negeri Malang

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment