Koran Jakarta | December 15 2017
No Comments

Fitur Sedan Premium Para Eksekutif

Fitur Sedan Premium Para Eksekutif

Foto : Koran Jakarta/Wahyu AP
A   A   A   Pengaturan Font

Mobil untuk para ekseutif selain memiliki desain elegan juga dibekali teknologi, dan material terbaik. Fitur-fitur terkini wajib ada pada mobil untuk segmen eksekutif perusahaan ini.

Para eksekutif memiliki beberapa merek untuk mengakomodasi kebutuhan transportasi mereka. BMW, misalnya, menawarkan BMW Seri 5, sementara Maserati menawarkan Maserati  Gibie, Audi A6, dan Jaguar XF.

Untuk bersaing dengan kompetitor, Mercedes-Benz memperbarui sedan pada segmen ini dengan meluncurkan Mercedes Benz E Classs dengan dua varian. Pertama adalah E250 with Avantgarde Line dan kedua E300 with AMG Line.

Di tengah persaingan ketat dengan merek-merek Eropa, E Class diharapkan menjadi andalah dalam memenangkan persaingan. “Dengan produk-produk terbaru seperti mobil E-Class W213 ini, sepertinya kami telah memiliki amunisi yang cukup untuk bertahan menjadi yang terdepan,” kata Presiden & CEO PT Mercedes-Benz Indonesia Roelof Lamberts dalam peluncuran Mercedes Benz E Class di Jakarta baru-baru ini.

Sebagai tunggangan para eksekutif, mobil yang dirakit di Wanaherang Bogor ini, memiliki kualitas material kelas atas. Pada Avantgarde Line terdapat alumunium trapeze cut trim dan pada AMG Line ada open-pore-ash-tree black wood.

Keunggulan lainnya adalah pada bagian pencahayaan kabin. Untuk menyesuaikan dengan kebutuhan para eksekutif, tersedia pilihan 64 warna pencahayaan dengan menggunakan teknologi lampu LED terbaru, yang hemat energi.

Terdapat dua layar beresolusi tinggi berukuran 12,3 inci di bagian kokpit sebagai sarana navigasi dan hiburan. Sebagai mobil generasi 10, E Class menyandang mesin generasi terbaru dengan standar emisi Euro 6.

Dengan demikian menurut, Deputy Director Sales Operations and Product Management PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia, Karyanto Hardjosoemarto, maka menghasilkan efisiensi dan emisi lebih baik. Syaratnya tentu saja harus menggunakan bahan bakar minimal dengan kadar oktan RON 95 atau setara Pertamax Plus.

Bahan bakar RON 85 ini dibakar oleh bervolume 2.0 liter yang mampu menghasilkan tenaga 211 daya kuda dan torsi 350 Nm pada tipe E250 with Avantgarde Line. Sementara tipe E300 AMG line bisa menghasilkan tenaga 245 daya kuda dan torsi 370 Nm.

Tenaga dikirim ke transmisi otomatis sembilan percepatan (9-G Tronic), yang dapat menghasilkan kecepatan.Untuk mencapai kecepatan hingga 100 km per jam dari posisi diam hanya membutuhkan waktu 7 detik saja.

Hebatnya meski mobil rakitan lokal, E-Class E300 memiliki fitur yang tidak terdapat pada mobil sekelas yaitu Parking Pilot with Parktronic Parking Assist. Fitur ini dapat membantu pengemudi untuk memarkir kendaraan secara otomatis. “Terdapat juga kamera mundur 360 derajat untuk yang akan aktif secara otomatis ketika transmisi mundur (R) diaktifkan,” kata Karyanto.

Terdapat pula Attention Assist. Fitur ini akan memberikan peringatan ketika pengemudi lengah ketika berkendara atau mengantuk. Fitur lainnya Crosswind Assist yang dapat mengurangi pengaruh kuat angin silang agar kendaraan terhindar dari keluar jalur.

E Class melanjutkan sukses beberapa seri sedan Mercedes yang telah dirakit di Indonesia, seperti S-Class, dan S Class. Dengan dirakit di dalam negeri E-Class bisa dijual lebih murah 50 juta dibandingkan dengan seri CKD. “Kami ingin para konsumen membeli versi CKD,” imbuh Karyanto.

MBI membanderol tipe E250 Avantgarde Line pada harga 1,129 miliar rupiah. Sementara E300 AMG Line dijual seharga 1,329 miliar rupiah. harga ini belum termasuk pajak alias  off the road Jakarta.

BMW Seri 5 Versi Diesel‎

Mercedes-Benz E Class memiliki pesaing dari BMW Seri 5. Model ini juga menawarkan versi diesel sekaligus menjadi keunggulannya karena mampu menekan emisi CO2.

Dengan teknologi mesin Diesel BMW TwinPower Turbo meningkatkan output maksimal  BMW 520d Luxury terbaru, dari 184 hp menjadi 190 hp. Selain itu, konsumsi bahan bakar dan emisi CO2 berdasarkan siklus tes Uni Eropa telah berkurang hingga 10 gram per kilometer dari mesin generasi sebelumnya.

Dalam hal penggunaan bahan bakar diesel  BMW 520d Luxury mampu mencapai  konsumsi bahan bakar 24 km per liter, dengan tingkat emisi CO2 109 gram per km berdasarkan siklus tes Uni Eropa. 

“Mesin yang bertenaga, tampilan menawan, serta fitur keselamatan yang ditawarkan membuat  BMW Seri 5 memiliki nilai jual kembali yang lebih baik dibandingkan kendaraan premium lainnya di segmen ini,” kata Karen Lim, President Director BMW Group Indonesia dalam keterangan tertulis baru-baru ini.

Dengan mesin diesel empat-silinder generasi terbaru ini, BMW Seri 5 hadir lebih sempurna dengan keseimbangan yang luar biasa antara kinerja mesin dan konsumsi bahan bakar.  Teknologi mesin Diesel BMW TwinPower Turbo meningkatkan output maksimal  BMW 520d Luxury terbaru, dari 184 hp menjadi 190 hp.

Selain itu, konsumsi bahan bakar dan emisi CO2 berdasarkan siklus tes Uni Eropa telah berkurang hingga 10 gram per kilometer dari mesin generasi sebelumnya. Terlebih lagi, BMW 520d Luxury terbaru sangat efisien dalam hal penggunaan bahan bakar, yaitu 24 km/liter, dengan tingkat emisi CO2 109 gram/km berdasarkan siklus tes Uni Eropa.

Generasi BMW Seri 5 terbaru ini (generasi ke enam) telah tetapkan standar di kelasnya dalam hal keekonomisan dan kenyamanan berkendara sejak diluncurkan. Ini didukung dengan hadirnya paket teknologi  BMW EfficientDynamics yang lengkap , seperti teknologi BMW TwinPower Turbo, transmisi Streptronic delapan-percepatan, Electric Power Steering, Brake Energy Regeneration, serta fitur-fitur canggih lainnya.

Tingkat efisiensi tak tertandingi dari fitur-fitur ini menggarisbawahi karakter BMW Seri 5 sebagai pemimpin di kelasnya, seperti halnya desain sporty yang elegan yang didefinisikan oleh garis-garis yang mengalir secara harmonis. Desain interior hadir dengan desain mewah dan modern, dilengkapi dengan layar inovatif dengan BMW iDrive Touch Controller, BMW ConnectedDrive. hay/E-6

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment