Koran Jakarta | May 19 2019
No Comments
JEDA

Medsos Positif, Bisa Tangkal Hoaks

Medsos Positif, Bisa Tangkal Hoaks

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Badan Pengawas Pemilihan Umum mengajak pemilih dalam Pemilu 2019, untuk memenuhi ruang media sosial (medsos) dengan hal-hal baik. Karena hanya melalui cara itu lah, segala macam berita hoaks dapat dilawan.

Anggota Bawaslu, Fritz Edward Siregar mengatakan, hoaks tidak saja merubah pola pikir masyarakat yang mempercayainya untuk berubah, tetapi juga membuat perilaku ikut berubah. Selain itu, hoaks juga membuat ketidakpercayaan terhadap proses yang sedang dibangun terutama kepada penyelenggara pemilu dalam melaksanakan seluruh tahapan pemilu.

Menurut Fritz, penyebaran berita hoaks sangat cepat terjadi di medsos, sehingga tidak cukup memberantas hoaks hanya dengan menitikberatkan pada pendidikan literasinya atau proses penindakannya saja. Akan tetapi banyak pihak sepakat, cara menangkal hoaks secara efektif adalah dengan memenuhi percakapan positif di medsos. Misalnya, ajakan kepada masyarakat Indonesia yang sudah memiliki hak pilihnya untuk datang ke TPS pada hari H Pemilu 2019. rag/AR-3

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment