Koran Jakarta | December 15 2017
No Comments

Mbappe dan Falcao Bawa Monaco ke Semifinal

Mbappe dan Falcao Bawa Monaco ke Semifinal

Foto : Reuters
A   A   A   Pengaturan Font

MONACO – AS Monaco melaju ke semifinal Liga Champions untuk pertamakalinya dalam 13 tahun terakhir setelah menyingkirkan salah satu raksasa Bundesliga, Borussia Dortmund dengan kemenangan 3-1, dalam pertandingan perempat final leg kedua di Stade Louis II, Kamis (20/4) dini hari WIB. Monaco unggul agregat 6-3 setelah di leg pertama mereka unggul 3-2.

Monaco juga menjadi tim pertama Prancis yang lolos ke semifinal Liga Champions sejak OLympique Lyonnais pada 2009-2010. Ini menjadi semifinal kedua bagi Monaco di ajang Eropa setelah terakhir kali mereka bahkan sempat lolos ke final pada Liga Champions musim 2003-2004, sebelum akhirnya dikalahkan FC Porto di final.

Pemain muda penuh harapan Prancis, Kylian Mbappe dan bintang Kolumbia yang kembali bangkit Radamel Falcao masing-masing menyumbang gol kemenangan Monaco atas Dortmund.

Mbappe membuka kemenangan pada menit ke-3 dan Falcao menggandakan kemenangan di menit ke-17. Marco Reus memperkecil kekalahan pada menit ke-48. Namun pemain pengganti Valere Germain memastikan kemenangan tim Prancis tersebut sembilan menit sebelum pertandingan selesai.

Bagi Mbappe, golnya ke gawang Dortmund membuat pemain 18 tahun mengukir rekor sebagai pemain pertama yang mampu mencetak gol di empat laga fase knock out. Yaitu saat Monaco kalah 5-3 dari Manchester City di leg pertama babak 16 besar di Etihad Stadium, Mbappe mencetak satu gol. Ia ikut menyumbang gol saat Monaco balas mengalahkan City 3-1 di leg kedua.

Ketajaman pemain kebangsaan Prancis berlanjut ke babak perempatfinal, di leg pertama kontra Borussia Dortmund di Signal Iduna Park, Mbappe mencetak dua gol yang mengantarkan Dortmund menang 2-3.

Pelatih AS Monaco, Leonardo Jardim, mengatakan bahwa para pemainnya layak bangga dengan pencapaian tersebut. "Para pemain memberi penampilan level tertinggi malam ini. Saya bahagia dengan cara AS Monaco bermain," kata Jardim.

"Di level seperti ini, tidak mungkin memberi batasan kepada pemain. Mereka akan bermain mewakili Prancis. Negara ini tidak selalu punya wakil di babak semifinal turnamen sekelas Liga Champions," tutur Jardim.

Falcao pun tak menyembunyikan kegembiraannya. “Kami gembira untuk berada di semifinal, ini penting untuk sepakbola Prancis," kata Falcao.

Pelatih Dortmund Thomas Tuchel berfilosofi setelah pertandingan sulit dari momen ketika bus timnya diserang sebelum leg pertama pekan lalu. "Setelah kedua pertandingan kami memiliki perasaan bahwa semuanya dapat berjalan ke arah yang keliru," ucapnya.

Para penggemar Monaco memberikan dukungan atas insiden tersebut dengan membentangkan spanduk "Youll Never Walk Alone," dengan lagu khas tim Jerman tersebut, yang serupa dengan milik Liverpool dan Celtic.  Rtr/drb/S-1

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment