Koran Jakarta | September 24 2019
No Comments
Identitas Penduduk

Mayoritas Kabupaten dan Kota Telah Buat KIA

Mayoritas Kabupaten dan Kota Telah Buat KIA

Foto : ISTIMEWA
Zudan Arif Fakrulloh, Dirjen Dukcapil Kemendagri
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Kementerian Dalam Negeri lewat Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipilnya terus menggenjot penerapan Kartu Identitas Anak (KIA) di seluruh wilayah Indonesia. Penerapan KIA sendiri sebagai bagian dari program tertib administrasi kependudukan.

Kini, sampai tahun 2019 ini, dari total kabupaten dan kota yang ada di Indonesia, sebagian besar telah menerapkan KIA. Tinggal sebagian kecil kabupaten atau kota yang belum sepenuhnya menerapkan itu. Bahkan di Jawa, tinggal empat kabupaten atau kota yang belum menerapkan.

Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Zudan Arif Fakrulloh mengatakan itu di Jakarta, Rabu (11/9). Menurut Zudan, progres penerapan KIA menunjukan trend yang menggembirakan. Kini, sampai tahun 2019 ini, sebagian besar kabupaten dan kota telah menerapkannya. Hanya sebagian kecil kabupaten atau kota yang belum menerapkan. Tinggal sekarang terus didorong agar seluruh kabupaten atau kota menerapkannya.

“Untuk kita kita ketahui bersama progres penerapan KIA di Pulau Jawa sampai dengan 2019 se- Jawa hanya tinggal 4 kabupaten atau kota yang belum implementasi,” ujar Zudan.

Sebagai Dirjen Kependudukan lanjut Zudan tentu ia merasa perlu berterima kasih atas dedikasi serta kerja keras yang ditunjukkan oleh Dinas Kependudukan seluruh Indonesia. Khususnya dalam merealisasikan program penerapan KIA. “Saya harus mengucapkan terima kasih banyak atas kesungguhan dan kerja keras kawan-kawan semua di dinas kependudukan seluruh Indonesia,” katanya.

Zudan lantas merinci daerah yang telah menerapkan program KIA. Untuk Provinsi DKI Jakarta, dari enam kota administrasi yang ada, semuanya telah menerapka KIA.

Provinsi lainnya yang telah menerbitkan program KIA adalah Jawa Barat. Kata dia, dari 27 kabupaten dan kota yang ada di Jawa Barat, seluruhnya sudah menerbitkan program KIA. Begitu juga dengan Provinsi Jawa Tengah. Seluruh kabupaten dan kota yang ada di provinsi tersebut telah punya program penerbitan KIA.

“Jateng dari 35 kabupaten dan kota yang ada, seluruhnya sudah menerapkan KIA. Begitu juga dengan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, dari 5 kabupaten dan kota seluruhnya sudah (menerapkan KIA),” ungkapnya. ags/AR-3

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment