Mata dan Wajah Jadi Utama | Koran Jakarta
Koran Jakarta | August 13 2020
No Comments
Trend Kecantikan di Masa Pandemi

Mata dan Wajah Jadi Utama

Mata dan Wajah Jadi Utama

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Pandemi Covid-19 berefek pada tren kecantikan di seluruh dunia. Kewajiban memakai masker hingga peraturan bekerja dari rumah membuat prioritas produk perawatan dan kecantikan turut bergeser.

Presiden Direktur L’Oreal Indonesia Umesh Phadke membagi tiga kategori produk kecantikan yang bakal naik ke depan. Pertama dari sisi perawatan kulit, serum, face mask, dan losion menjadi yang paling diminati selama masa pandemi. Meski tak menyebutkan angka, jumlah penjualan produk naik signifikan, termasuk produk serum yang baru diluncurkan di masa PSBB.

Menurutnya, hal itu tak terlepas dari meningkatnya kesadaran orang terkait fungsi kulit sebagai pelindung tubuh dari kuman. Bila kondisi kulit terjaga baik, proteksi dari kuman, termasuk virus, juga maksimal. Di samping itu, kebiasaan cuci tangan pakai sabun menyebabkan kulit lebih kering dari biasanya. Maka, orang membutuhkan losion untuk mengembalikan kelembaban kulit mereka.
Berbeda dari kondisi sebelum pandemi saat orang lebih suka tekstur yang berat, seperti krim, saat ini orang lebih menyukai tekstur yang lebih ringan seperti serum, esens, air. Karenanya, mereka menggunakan masker di rumah.

Dari sisi makeup, disebutkan  para perempuan kini lebih menitikberatkan pada kosmetik mata untuk menonjolkan diri. Karena menggunakan masker, orang akan lebih perhatian pada mata seseorang. Permintaan terhadap eye liner, maskara, eye brow, dan eye shadow naik dibandingkan lipstik. Sekarang, orang bicara dengan mata, ungkapan inilah yang membuat segala sesuatu kosmetik yang berkaitan dengan mata banyak dicari.

Salah satunya adalah Maskara. Maskara adalah kosmetik yang umumnya digunakan untuk memperindah mata. Fungsinya antara lain untuk mempergelap, mempertebal, memperpanjang, dan/atau memperjelas bulu mata. Normalnya, maskara modern berbentuk cair, padat, atau krim, yang terbuat dari beragam bahan, meskipun sebagian besarnya terbuat dari bahan yang sama seperti pigmen, minyak, lilin, dan bahan pengawet. Maskara sebagai zat kosmetik untuk mempergelap, mengeritingkan, mewarnai, dan mempertebal bulu mata, yang dipakai dengan sebuah sikat atau kuas,  maskara kadang-kadang juga digunakan pada alis mata.

Kata “maskara” diduga berasal dari bahasa Spanyol máscara yang berarti ‘topeng’ atau ‘noda’ dan dari bahasa Italia maschera yang berarti  topeng  atau masker. Penggunaan maskara telah terdokumentasikan sejak zaman Mesir kuno. Catatan dari tahun 4000 SM menyebutkan penggunaan zat bernama kohl yang berfungsi untuk mempergelap bulu mata, mata, dan alis. Pada zaman dulu, maskara digunakan untuk mengusir roh jahat dengan cara dioleskan ke kelopak mata, bulu mata, dan alis. Karena zaman dan teknologi semakin berkembang, maskara kini beralih fungsi untuk merias dan mempertegas area mata.

Penggunaan maskara mulai populer dan meluas di kalangan wanita Eropa pada abad ke-19 di era Victoria. Maskara yang banyak digunakan sekarang ini pada awalnya dikembangkan pada abad ke-19 oleh seorang kimiawan Inggris bernama Eugene Rimmel.  Di Amerika Serikat, maskara mulai populer pada awal abad ke-20 karena banyak dipakai oleh artis-artis film bisu.

Umumnya maskara terbuat dari oil dan wax. Penggabungan kedua bahan ini mampu menciptakan pigmentasi warna dan konsistensi yang baik. Selain itu, maskara juga ditambahkan pengawet yang berfungsi untuk mencegah smudging (residu yang jatuh di kelopak mata atau ketika tidak sengaja mengucek mata) dan tekstur yang menggumpal atau berceceran.

Sebagian besar bahan oil yang digunakan untuk menciptakan maskara biasanya berasal dari alam, misalnya sesame seed oil, eucalyptus oil, dan lanolin. Tidak menutup kemungkinan juga ada brand yang menambahkan carnauba wax dan beeswax untuk mempertahankan konsistensi serta sisik ikan untuk hasil yang lebih shimmery. Bahkan maskara masa kini mengandung iron oxides, atau titanium dioxide, atau penggabungan keduanya. Jangan khawatir, kedua bahan kimia ini sama sekali tidak beracun.

Meskipun ada banyak kategorinya, umumnya orang-orang mengenal dua jenis maskara, yakni waterproof mascara (maskara yang tahan lama dan anti air) dan washable mascara (maskara yang tidak anti-air).

Maskara Lash Blowout dengan Rancangan Khusus
Laman Trendhunter memunculkan kosmetik yang berkaitan dengan mata. IT Cosmetics dan Drybar berkolaborasi menciptakan maskara baru Lash Blowout.  Drybar  berkolaborasi dengan IT Cosmetics meluncurkan jenis maskara baru yang disebut Lash Blowout yang menarik paralel antara rambut dan bulu mata dengan cara yang unik.

Meskipun selalu ada produk maskara baru yang dirilis, dengan masing-masing menawarkan formula yang menjanjikan untuk lebih volumizing daripada yang sebelumnya, produk baru ini mengambil petunjuk dari lingkungan salon dan termasuk sikat dan formula yang dirancang khusus.

Maskara Lash Blowout mengakui fakta bahwa  semua orang ingin rambut tebal, seperti semua orang menginginkan bulu mata tebal, menurut CEO Drybar Alli Webb. Dengan demikian, produk kosmetik dikemas dengan bahan-bahan yang dapat ditemukan di banyak produk rambut,  seperti biotin dan kolagen, dan dilengkapi dengan aplikator sikat yang bekerja melalui bulu mata untuk mencegah gumpalan.

IT Cosmetics bermitra dengan Drybar dengan menciptakan maskara baru. Para ahli kecantikan menilai ini adalah satu kolaborasi yang sangat keren. Maskara ini membawa gaya make up salon rambut ke bulu mata dan terinspirasi oleh teknologi yang digunakan untuk membuat sikat barel.  
Tongkatnya dirancang khusus menghadirkan fitur microspheres untuk menangkap semua bulu mata  dengan lembut untuk mendapatkan root-to- yang mudah digerakkan.

Disebut formula  pencinta rambut, Lash Blowout diperkaya dengan biotin dan fitur polimer transparan yang bekerja dengan melapisi bulu mata dalam pigmen hitam yang intens dan memperpanjangnya pada saat yang bersamaan. Terlebih lagi, maskara juga mengandung bahan-bahan tambahan yang diketahui bermanfaat bagi rambut termasuk kolagen, vitamin E, dan minyak jojoba.

Aspek khusus lain dari maskara ini adalah bahwa ia dirancang agar terlihat seperti salah satu sikat rambut kuning khas Drybar. Bulu-bulu ini bahkan memiliki bola-bola kuning kecil di ujungnya, yang dimaksudkan untuk membantu pemisahan bulu mata. Ars

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment