Koran Jakarta | September 18 2019
No Comments
Prospek Usaha

MAPA Incar Penjualan Ritel Tumbuh 12 Persen

MAPA Incar Penjualan Ritel Tumbuh 12 Persen

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Perusahaan ritel untuk produk-produk olah­raga dan gaya hidup, PT Map Aktif Adiperkasa Tbk. (MAPA) menargetkan penjualan ritel selama Ramadan dan Idul Fitri hingga ajaran tahun baru bisa tumbuh sebesar 12 persen.

Direktur Map Aktif Adiper­kasa, Miquel Rodrigo Staal, mengatakan momen lebaran dan tahun ajaran baru menjadi sangat penting bagi Perseroan. Pihaknya pun menargetkan penjualan tumbuh 12 persen.

“Kami siap sambut lebaran apalagi lebaran ini sangat pen­ting bagi kita. Ditambah lagi program back to school,” ung­kapnya di Jakarta, Rabu (15/5).

Di tempat yang sama, Sek­retaris Perusahaan Map Aktif Adiperkasa, Ratih D Gianda, mengemukakan bahwa Per­seroan akan fokus pada pen­jualan secara luring (offline) dan daring (online). Untuk penjualan luring, Perseroan menargetkan akan membuka 150-200 toko hingga akhir ta­hun ini. Namun semua itu tergantung pada kondisi di la­pangan. “Kalau tahun lalu kita ada 111 toko net, ada yang mul­tibrand, ada juga yang mono brand seperti Skechers, Ree­bok, dan lainnya,” kata dia.

Sementara itu, untuk pen­jualan daring, Perseroan saat ini akan fokus pada penjualan digital, di antaranya Plan­etSports Asia dan KidzStation Asia. Perseroan menargetkan hingga tahun depan penjualan daring bisa tumbuh 5 persen. “Penjualan online masih kecil dan tahun lalu saja sekitar 2 persen. Kalau kita lihat di In­donesia saja juga kecil, apalagi kalau dibandingkan dengan Thailand. Target kita dua tahun ini 5 persen,” jelas dia.

Sepanjang 2018, Perseroan membukukan pendapatan ber­sih meningkat 23 persen men­jadi 6,2 triliun rupiah, diban­dingkan periode sama pada tahun 2017 sebesar 5,1 triliun rupiah. Laba usaha melonjak 40,8 persen menjadi 867 miliar rupiah dari tahun 2017 sebe­sar 616 miliar rupiah. Margin laba bersih disesuaikan untuk perlakuan akuntasi dari zero-interest bond dan item lainnya, mencapai 10,1 persen.

Sedangkan laba bersih yang disesuaikan tumbuh 37,9 per­sen menjadi 631 miliar rupiah dari tahun 2017 sebesar 458 miliar rupiah.

Menurut Ratih, peningkatan yang tinggi dari pendapatan bersih didorong oleh platform ritel Multi-tier milik MAPA, yang tertuju kepada pelanggan dengan segmentasi pasar dari premium maupun menengah ke bawah, baik secara dar­ing maupun luring. “Investasi jangka panjang kami dalam proses dan analisis telah me­ningkatkan performa merek dan ritel konsep kami,” ujar dia.

Ditambahkan Ratih, Per­seroan mencapai keseimban­gan antara pendapatan dan pertumbuhan masa depan, selagi mempersiapkan fondasi untuk pertumbuhan masa de­pan di digital dan Vietnam. yni/AR-2

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment