Koran Jakarta | December 19 2018
No Comments
Harbolnas 2017

Manjakan Konsumen dengan Banjir Promo dan Diskon

Manjakan Konsumen dengan Banjir Promo dan Diskon

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Pengujung tahun identik dengan banjir diskon, khususnya di platfom berbelanja online. Pada momen tersebut, warganet bakal dibanjiri promo menggiurkan hingga diskon besar-besaran, mulai Sabtu (11/11), hingga Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) pada Selasa (12/12).

Berbagai program pemerintah telah diinisiasi untuk mendorong lebih banyak UMKM memanfaatkan teknologi digital, salah satunya rencana Kominfo untuk memfasilitasi 6 juta UMKM agar go digital pada 2020. Program UMKM Go Digital ini diharapkan dapat menjadi salah satu akselerator pertumbuhan ekonomi nasional dan pengembangan kapasitas perdagangan nasional.

Sebagai bagian dari Ekosistem Ekonomi Digital yang tengah berkembang pesat di Tanah Air, Lazada menyadari perannya dalam mengedukasi penggunaan teknologi bagi kemajuan UMKM. Sejalan dengan program pemerintah, melalui program #UpGradeUKM, Lazada telah memberikan pelatihan kepada lebih dari 2.000 pelaku usaha di 11 kota di Indonesia selama 2017 ini.

“Terobosan terbaru di bidang teknologi bagi para seller dan beragam kemudahan pelayanan berkualitas bagi para konsumen menjadi salah satu bentuk kontribusi kami bagi pertumbuhan ekosistem perekonomian digital di Indonesia,” ungkap Forian Holm, Co-CEO Lazada Indonesia.

Selama gelaran ini, Lazada mempersiapkan berbagai inisiatif untuk pembeli, untuk penjual dan persiapan internal Lazada demi mendukung gelaran acara pada November tersebut. Salah satu hal yang dipersiapkan dalam inisiatif untuk pembeli ditujukan guna menarik minat masyarakat sehingga lebih aktif berbelanja di situs online. Salah satunya dengan menawarkan opsi pembayaran Cash on Delivery (COD), memungkinkan pembeli melakukan transaksi saat menerima barang. Florian menyebut, untuk gelaran acara tahun ini Lazada Indonesia menargetkan menjangkau konsumen dan meraih pendapatan dua kali lipat jika dibandingkan tahun lalu.

Perayaan Online Revolution tahun ini akan dimeriahkan lebih dari 40.000 seller Lazada, yang terdiri dari UKM dan brand lokal juga internasional yang akan memberikan penawaran yang spesial bagi para konsumen situs belanja Lazada.co.id, antara lain Samsung, L’Oréal, Phillips, Asus, Unilever, Sharp, Danone, P&G, Lenovo, Xiaomi, dan masih banyak lagi.

“Kami sangat bersemangat menyambut datangnya Bulan Online Revolution tahun ini. Ini merupakan momen baik bagi seller juga brand untuk berpartisipasi dan memanfaatkan lonjakan order yang terjadi setiap tahunnya,” tambah Achmad Alkatiri Chief Marketing Officer, Lazada Indonesia.

Selain Lazada, Blibli.com pun tampak bersiap menyambut Harbolnas, serta pesta diskon Blibli Histeria 11.11. Kusumo, CEO Blibli.com menyebut akan banyak brand yang mendukung acara tersebut. Dan setiap hari, akan ada penawaran khusus kepada konsumen berupa potongan harga atau bonus lain. Kusumo menambahkan pengguna jasa Blibli. com secara pasti terus mengalami pertumbuhan, baik jumlah anggota penjual maupun pelanggan. Ia menyebutkan pertumbuhannya mencapai 2-2,5 kali dibanding tahun lalu. ima/R-1

Kontes Berhadiah Jutaan Rupiah

Hypstar, aplikasi video pendek, memeriahkan Harbolnas dengan mengadakan kontes #BelanjaBarengHypstar. Kontes ini mengajak para pengguna aplikasi Hypstar untuk membuat video 15-detik mengenai pengalaman mereka berbelanja daring.

Untuk mendorong warganet berbelanja daring, Hypstar akan mengadakan kontes dan membagi-bagikan hadiah berupa voucher MAP senilai 5 juta rupiah untuk 5 orang pemenang. Agar lebih meriah, Hypstar juga mengeluarkan berbagai stiker keren bertema harbolnas untuk digunakan di aplikasinya dan menyemangati para penggunanya dalam merekam momen-momen mereka berbelanja. Hypstar mengajak siapa saja untuk bergabung dan memenangkan hadiah sembari berbagi pengalaman mereka berbelanja daring.

Cara mengikuti kontesnya:

1. Unggah video kreatif berisi aktivitas berbelanja daring ke aplikasi Hypstar.

2. Bagikan video ke Facebook atau Instagram disertai tagar #BelanjaBarengHypstar.

Pemenang kontens #BelanjaBarengHypstar akan diumumkan pada 14 November 2017 di akun Facebook dan Instagram Hypstar.

Kunjungi Google Play Store atau Apple App Store untuk mengunduh Hypstar, ubah momen-momenmu menjadi rangkaian cerita yang paling kreatif, dan bagikan pada dunia. Sementara itu, Viu, penyedia layanan video-on-demand premium di Indonesia berkolaborasi dengan Lazada, merilis serial drama komedi romantis dalam rangka Harbolnas 2017. Serial drama ini berjudul YOLO (You Only Live Once), artinya Kamu hanya hidup sekali, menampilkan artis dan selebgram ternama Indonesia yaitu Salshabilla Adriani dan Jonathan Dakota.

Myrq Suraryo, Head of Marketing and Ad Sales Viu Indonesia mengatakan kolaborasinya dengan Lazada memberikan kesempatan untuk bercerita kepada penonton Viu tentang keadaan pemuda Indonesia saat ini dengan menggunakan gaya dan bahasa yang mereka pahami. “Sebenarnya terinspirasi dari tagar Yolo yang sering dipakai kaum millenial,” tambah Myra.

Sementara itu, Achmad Alkatiri mengungkapkan serial drama ini berdasarkan kejadian nyata yang dialami karyawan di Lazada saat sedang hectic menyambut Harbolnas.

“Jadi para pembeli juga tahu seperti apa saat teman Lazada sedang mempersiapkan Harbolnas. Gimana hecticnya,” kata Achmad.

Serial ini bercerita tentang perjalanan Bekti yang diperankan Jonathan Dakota, staf pemasaran profesional Lazada yang sedang mempersiapkan Harbolnas. Tugasnya menjadi lebih rumit karena kehadiran atasannya yang cantik, namun galak bernama Helen, yang dimainkan Salshabilla Adriani.

Terlebih lagi, situasi menjadi semakin komplek ketika pacar Bekti yang posesif terus menuntut perhatian darinya. Salshabilla mengaku ini adalah peran pertamanya menjadi bos. Apalagi ia dituntut untuk berakting sebagai bos cantik yang galak. “Mau gak mau harus bisa,” katanya. ima/gma/R-1

Rambah Ranah Digital

Pada momen Harbolnas November 11.11 tahun 2017 ada yang berbeda yaitu ikut sertanya Ramayana dalam pesta berbelanja online ini. Head of Marketing and Promotion Ramayana, Ainu Rofik menyatakan, perkembangan e-commerce menjanjikan peluang besar. “Seperti tadi dari Kominfo sampaikan bahwa Ramayana sudah seharusnya masuk dunia online,” kata Ainu.

Kerja sama, tambah Ainu, dilakukan secara bersamaan dengan acara Lazada menyambut Harbolnas 2017. “Sejak 1 November kita sudah mulai online dan masyarakat Indonesia sudah bisa mendapatkan produk Ramayana di Lazada” ujarnya. Ainu mengatakan, pada 2016 Ramayana juga telah kerja sama dengan Tokopedia dalam mengembangkan bisnisnya secara online.

Dia berharap melalui kerja sama dengan Lazada ini akan menguatkan bisnisnya di ranah digital. “Kekuatan kami ada di loyalitas konsumen Ramayana yang rata-rata segmennya orang tua, sedangkan pada segmen online berbeda. Ditambah yang dibidik Ramayana masyarakat kalangan menengah ke bawah,” pungkasnya. ima/R-1

 

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment