Koran Jakarta | September 15 2019
No Comments
Aksi Korporasi

Mandiri Akan Lepas Semua Kepemilikan di MAGI

Mandiri Akan Lepas Semua Kepemilikan di MAGI

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk akan melepas se­mua kepemilikan saham di pe­rusahaan asuransi Mandiri Axa General Insurance (MAGI). Pertimbangan melepas saham di perusahaan patungan yang didirikan bersama dengan pe­rusahaan asuransi global AXA itu karena tingkat pengem­balian dibanding modal atau return on equity (ROE) anak usahanya itu rendah.

Direktur Bisnis dan Jaringan Bank Mandiri, Hey Gunardi di Jakarta, Senin (19/8), menjelas­kan sebelumnya Bank Mandiri memiliki 60 persen saham di MAGI, sedangkan AXA 40 per­sen. Kemudian, pada 2018, AXA membeli kepemilikan saham Bank Mandiri di MAGI sebesar 40 persen melalui pelepasan ta­hap pertama, sehingga kompo­sisi kepemilikan saham berubah menjadi AXA 80 persen dan Bank Mandiri 20 persen.

“Pelepasan tahap kedua se­besar 20 persen akan dilakukan paling lama lima tahun sejak 2018,” kata Hery.

Untuk itu, pihaknya tengah mencari investor strategis un­tuk membeli 20 persen sisa sa­ham Bank Mandiri di MAGI.

Investor Domestik

Pencarian investor strategis di luar AXA karena sesuai den­gan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2014 tentang Perasuran­sian menyebutkan batas maksi­mal kepemilikan badan hukum asing di perusahaan asuransi nasional maksimal 80 persen.

Dengan kepemilikan AXA di MAGI saat ini yang sudah mencapai 80 persen, maka oto­matis investor yang memung­kinkan membeli kepemilikan 20 persen saham Bank Mandiri adalah perusahaan berbadan hukum Indonesia.

“Mungkin tahun depan, se­dang dalam proses,” kata Heri.

Sementara itu, Senior Vice President (SVP) Strategy and Performance Bank Mandiri, El­mamber Petamu Sinaga men­gatakan tingkat RoE perusa­haan asuransi umum/ kerugian itu jauh lebih rendah dibanding dengan RoE Bank Mandiri se­bagai perusahaan induk.

Sebagai informasi, RoE ada­lah tingkat efektivitas mana­jemen perusahaan meng­hasilkan laba dari dana yang diinvestasikan pemegang sa­ham. RoE perusahaan tersebut kata Elmamber hanya berkisar 2-4 persen, sedangkan Bank Mandiri di sudah mencapai 12 persen pada semester I-2019. bud/E-10

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment