Koran Jakarta | July 18 2019
No Comments
VARIA

Mahasiswa Unair Ciptakan Permen Pencegah Kanker

Mahasiswa Unair Ciptakan Permen Pencegah Kanker

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

SURABAYA – Mahasiswa Program Studi Statistika, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga (Unair), Zilva­na Nurul Iza, membuat inovasi permen sebagai pencegah kanker dengan memanfaatkan tumbuhan kunyit. Ide ino­vasi ini muncul dari keresahan masyarakat atas potensi ba­haya kanker, seiring meningkatknya kasus kematian akibat penyakit tersebut. Untuk itu, menerapkan pola hidup sehat dan upaya pencegahan harus dilakukan sejak dini.

“Kanker bukan sembarang penyakit, sangat serius dan berpotensi mengakibatkan kematian pada pengidap­nya. Permen dipilih karena banyak disukai orang dan prak­tis cara mengkonsumsi, sehingga dianggap menjadi solusi yang efektif, dapat di konsumsi oleh semua orang kecuali ibu hamil dan menyusui,” ujarnya di Surabaya, Jawa Timur, Selasa (25/6).

Zilvana menambahkan, inovasi itu baru-baru ini berhasil memperoleh medali perunggu pada kompetisi Internation­al Malaysia-Indonesia-Thailand Symposium on Innovation and Creativity (IMIT-SIC 2019)” di Princess of Naradhiwat University, Thailand.

“Tak hanya kanker, permen ini juga dapat mencegah stroke, dan dementia, karena berbahan dasar rempah-rem­pah yang memang sudah terbukti khasiatnya. Bahan pem­buatannya juga mudah didapatkan, ke depan, saya ingin mengembangkan lagi produk dan khasiatnya untuk mence­gah penyakit serius lainnya,” pungkas dia. SB/E-3

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment