Koran Jakarta | November 12 2019
No Comments

Mahasiswa UGM Ubah Limbah Sawit Jadi Bahan Bakar

Mahasiswa UGM Ubah Limbah Sawit Jadi Bahan Bakar

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

YOGYAKARTA – Limbah cair dari 1.599 perusahaan sawit berupa Palm Oil Mill Effluent (POME) belum dimanfaatkan secara optimal. Padahal, sekitar 27 persen dari total limbah tersebut potensial dijadikan sebagai bahan bakar energi terbarukan.

Enam orang Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) yang tergabung dalam Tim Green Energy mencoba memanfaatkan limbah cair sawit ini untuk diolah menjadi gas hidrogen. Dengan memanfaatkan mikroba endemik di sekitar areal industri sawit, mereka berhasil mengolah limbah tersebut menjadi hidrogen melalui proses fermentasi.

“Kita menggunakan mikrobia yang potensial mengolah limbah sait ini menjadi Hidrogen,” kata Cahaya Prautama, salah satu anggota tim saat menyampaikan hasil penelitian kepada wartawan di Kampus UGM, Yogyakarta, Rabu (15/11)

Meski tidak menyebutkan jenis mikroba yang mereka gunakan untuk mengolah limbah menjadi hidrogen tersebut, Cahaya Prautama mengatakan mikroba tersebut digunakan untuk membantu proses fermentasi lembah sawit dalam menghasilkan hidrogen. YK/E-10

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment