Koran Jakarta | November 20 2018
No Comments

Mahasiswa ITS Rancang Alat Pemantau Kelayakan Rel KA

Mahasiswa ITS Rancang Alat Pemantau Kelayakan Rel KA

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

SURABAYA - Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Virbyansah Achmadan Nurrohman, berhasil merancang alat pemantau dan identifikasi kerusakan rel kereta api (KA).

Latar belakang penciptaan alat tersebut karena sesuai data yang dirilis Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), penyebab terbesar kecelakaan adalah anjloknya kereta api dari perlintasan rel KA.

“Jumlah kereta ukur yang digunakan PT Kereta Api Indonesia (KAI) untuk memeriksa kelayakan rel tidak seimbang dengan anjang rel yang diperiksa, imbasnya pemeriksaan rel hanya dapat dilakukan enam bulan sekali,” ungkap Virbyansah, di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (21/9).

Mahasiswa Departemen Teknik Komputer ini menambahkan, kondisi rel Ka dapat diperiksa melalui getaran yang dihasilkan oleh kereta saat melintasi rel tersebut. Alat tersebut dapat mengintegrasikan sensor akselerometer sebagai pembaca getaran kereta api ketika melintas di atas rel.

“Sensor alat ini mampu mengukur getaran vertikal, horizontal, dan lateral. Getaran tersebut akan diolah untuk mengidentifikasi kondisi rel kereta yang dilewati,” pungkas dia. SB/E-3

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment