Lulus “Magna Cum Laude”, Sherina Rindu Pulang ke Papua | Koran Jakarta
Koran Jakarta | October 30 2020
No Comments
Studi di AS

Lulus “Magna Cum Laude”, Sherina Rindu Pulang ke Papua

Lulus “Magna Cum Laude”, Sherina Rindu Pulang ke Papua

Foto : foto Lukas Enembe
WISUDA DI UNIVERSITAS CORBAN - Tujuh putra-putri Papua bersama Gubernur Papua, Lukas Enembe dan istri, serta seorang Profesor pada acara wisuda Universitas Corban, Oregon
A   A   A   Pengaturan Font

WASHINGTON DC –Tujuh putra-putri terbaik Provinsi Papua lulus dari Universitas Corban, Oregon, Amerika. Salah seorang di antaranya bahkan lulus dengan predikat magna cum laude, yakni Sherina Fernanda Msen, mahasiswa jurusan Akuntansi, Kepemimpinan dan Manajemen. Dia dianugerahi “Top Accounting Student” oleh Oregon Society of Certified Public Accountants OSCPA.

“Saya tidak sangka lulus dengan magna cum laude. Saya memang punya passion pada numbers (angka), matematika dan problem solving, karena itu memilih akuntansi dan manajemen,” ungkap Sherina, Senin (6/5). Yang sangat mengharukan adalah walaupun sudah mendapat tawaran melanjutkan pendidikan strata dua dari tiga kampus bergengsi lain di Amerika, Sherina, justru ingin pulang kampung dulu. Setelah itu, baru memikirkan untuk melanjutkan studinya ke jenjang yang lebih tinggi.

“Saya memang memimpikan pulang kembali dan bekerja di Papua. Saya asli dari Biak, tetapi tinggal di Jayapura. Saya ingin pulang,” aku Sherina. Sherina memang berbeda dengan mahasiswa keban yakan. Selain kuliah, seharihari ia juga bekerja sambilan dengan memberikan tutoring atau semacam les pribadi kepada mahasiswa lain yang membutuhkan tambahan bimbingan.

Sebagai bentuk penghargaan dan kebanggaannya atas keberhasilan putra putri Papua itu, Gubernur Papua, Lukas Enembe, bersama istri datang langsung menyaksikan upacara wisuda di Universitas Corban, Oregon, Amerika, Sabtu (4/5), dan dilanjutkannya dengan upacara tradisional bakar batu sebagai ungkapan rasa syukur.

“Saya datang bersama ibu dan beberapa pejabat Papua untuk menyaksikan langsung wisuda tujuh mahasiswa Papua di universitas ini. Saya bangga sekali pada mereka,” ujar Lukas. Tujuh putra-putri Papua ini adalah bagian dari sekitar 30-an remaja Papua yang dikirim untuk belajar ke negara bagian Oregon dengan menggunakan dana otonomi khusus.

Sherina dan enam teman-teman lainnya adalah rombongan pertama yang dikirim Lukas dari Papua tahun 2014. Sejak program mengirim putra-putri Papua ke luar negeri ini dimulai tahun 2014, sudah ada sekitar 360 orang putra- putri Papua yang belajar di berbagai negara. 

 

AFP/P-4

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment