Koran Jakarta | December 18 2018
No Comments

Luksemburg Gratiskan Ongkos Seluruh Transportasi Umum

Luksemburg Gratiskan Ongkos Seluruh Transportasi Umum

Foto : AFP/Jean-Christophe VERHAEGEN
Kemacetan di Luksemburg l Kendaraan antre saat terjadi kemacetan lalui lintas di jalan raya perbatasan Luksemburg-Prancis di Dudelange, Luksemburg, Agustus lalu. Untuk mengatasi masalah kemacetan lalu lintas, mulai musim panas mendatang, pemerintah Luksemburg akan menggratiskan ongkos transportasi umum bagi seluruh warga negaranya.
A   A   A   Pengaturan Font

LUKSEMBURG – Luksemburg diwartakan akan menjadi negara dunia pertama yang menggratiskan ongkos seluruh moda transportasi umumnya. Sebelumnya pada musim panas lalu, pemerintah Luksemburg telah menggratiskan ongkos transportasi umum untuk warganya yang berumur dibawah 20 tahun.

“Ongkos kereta, trem, dan bus akan digratiskan mulai musim panas mendatang,” demikian pernyataan pemerintah Luksemburg seperti dikutip The Guardian, Rabu (5/12).

Langkah ini diambil setelah pemerintah Luksemburg bertekad untuk memprioritaskan lingkungan hidup dan mengakhiri angka kemacetan lalu lintas di negaranya, setelah Xavier Bettel kembali dilantik sebagai Perdana Menteri Luksemburg untuk masa jabatan ke-2.

Di Ibu Kota Luxembourg City, kerap terjadi kemacetan yang amat parah. Sebuah studi melaporkan pengendara di jalanan Luxembourg City, harus mengalami kemacetan rata-rata 33 jam per tahunnya sepanjang 2016. Populasi di Luksemburg sendiri saat ini berjumlah 600 ribu warga, dengan 200 ribu warganya tinggal di Prancis, Belgia, dan Jerman. Mereka hanya akan berada di Luksemburg saat jam kerja saja. SCMP/I-1

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment