Koran Jakarta | July 20 2019
1 Comment
SAINSTEK

Lithium Metal, Andal untuk Mobil Listrik

Lithium Metal, Andal untuk Mobil Listrik

Foto : ISTIMEWA
Baterai lithium metal generasi baru bisa meningkatkan jangkauan berkendara ratusan mil.
A   A   A   Pengaturan Font
Teknologi baterai logam yang lebih kuat dan stabil yang terintegrasi dengan kehidupan sehari-hari.

Ilmuwan dari Penn State University, Amerika Serikat, merilis temuan baru bahwa baterai lithium metal yang lebih tahan lama, lebih cepat, dan lebih aman sangat mungkin dikembangkan

. Teknologi baterai ini juga dapat diandalkan untuk tenaga mobil listrik. Penelitian ini diterbitkan Nature Energy, belum lama ini. Para peneliti mengembangkan spon polimer tiga dimensi yang saling terhubung yang menempel pada pelapisan logam dari anoda baterai.

“Proyek ini bertujuan untuk mengembangkan generasi baru di masa depan baterai logam,” kata Donghai Wang, profesor teknik mesin sekaligus peneliti utama dalam proyek riset tersebut. “Lithium metal telah dicoba dalam baterai selama beberapa dekade, tetapi ada beberapa masalah mendasar yang menghambat kemajuan produk baterai ini,” Wang menambahkan.

Di bawah tekanan tambahan, seperti dalam metode pengisian cepat yang diinginkan dalam kendaraan listrik, baterai lithium ion (Li) rentan terhadap pertumbuhan dendritik. Yakni formasi seperti jarum yang dapat mengurangi siklus hidup dan berpotensi menyebabkan masalah keamanan - termasuk kebakaran atau ledakan.

“Pendekatan kami menggunakan polimer pada antarmuka logam Li,” Wang menjelaskan. Bahan ini bertindak sebagai spons berpori yang tidak hanya mempromosikan transfer ion, tetapi juga menghambat deteriorasi. “Ini memungkinkan pelapisan logam untuk bebas dari dendrit, bahkan pada suhu rendah dan kondisi muatan yang cepat,” katanya.

Wang, yang juga merupakan anggota staf pengajar yang berafiliasi di Institut Energi dan Lingkungan Penn State. Lembaga ini juga juga termasuk Pusat Teknologi Energi dan Penyimpanan Baterai, yakni sebuah lembaga penelitian terkemuka di bidang penyimpanan energi.

Sebagai komponen penting dari IEE dan misi BEST Center, proyek ini menyatukan para peneliti dari berbagai disiplin di dalam Universitas. “Kolaborasi dalam kelompok ini benar-benar membantu mendorong makalah ini ke depan,” Wang menjelaskan. “Ini memungkinkan kami untuk memeriksa aspek yang berbeda beda dari masalah ini, dari ilmu material, teknik kimia, kimia, dan perspektif teknik mesin,” tambah Wang.

Dalam kerja kolaborasi ini, kelompok Long-Qing Chen di Departemen Ilmu Material dan Teknik melakukan pekerjaan pemodelan untuk memahami peningkatan anoda logam Li. Menurut para peneliti aplikasi praktis dari pekerjaan ini dapat memungkinkan teknologi baterai logam yang lebih kuat dan stabil yang terintegrasi dengan kehidupan sehari-hari.

“Dalam kendaraan listrik, itu bisa meningkatkan jangkauan berkendara sebelum membutuhkan biaya ratusan mil,” kata Wang. “Itu juga bisa menjadi jalan bagi umur baterai untuk smartphone yang lebih lama.”

Sebagai langkah lanjutan , tim akan mengeksplorasi aplikasi praktis dalam sel baterai format besar untuk menunjukkan kelebihan dan kelayakannya. “Kami ingin mendorong teknologi ini ke depan. Dengan pekerjaan ini, saya yakin kita dapat menggandakan siklus hidup baterai logam Li ini,” kata Wang. 

 

nik/berbagai sumber/E-6

View Comments

lady mia
Selasa 16/7/2019 | 19:40
KABAR BAIK!!!

Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

Submit a Comment