Koran Jakarta | September 23 2018
No Comments

LIPI Bangun Fasilitas Pengembangan Obat Tradisional

LIPI Bangun Fasilitas Pengembangan Obat Tradisional

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) membangun fasilitas pengembangan obat tradisional de­ngan Standard Cara Pembuatan Obat Tradisonal yang Baik (CPOTB) di Serpong, Tangerang. Hal ini dilakukan untuk mempercepat hilirisasi hasil penelitian kesehatan dan obat.

Pelaksana Tugas Kepala LIPI, Bambang Subiyanto di Ja­karta, Kamis (8/3), mengatakan pembangunan fasilitas itu sekaligus memberikan dukungan terkait riset dan pengem­bangan produk kepada mitra industri.

“Hal ini sejalan dengan kebijakan pemerintah melalui Paket Kebijakan Ekonomi ke-11 tentang pengembangan industri kefarmasian dan alat kesehatan,” ujar dia.

Bambang menjelaskan, fasilitas penelitian obat tradisio­nal diperlukan untuk menjawab permasalahan kesehatan serta mendukung kemandirian bahan baku obat secara na­sional. LIPI menaruh perhatian besar dalam penelitian dan pengembangan kesehatan obat dengan berbagai riset ter­kait penggunaan tanaman obat serta bahan aktifnya untuk bahan baku obat.

Ia mengatakan Indonesia memiliki 1.247 industri dan usaha obat tradisional yang 10 di antaranya termasuk per­usahaan industri obat tradisional skala besar. Namun, indus­tri obat tradisional (IOT), usaha kecil obat tradisional (UKOT) dan usaha mikro obat tradisional (UMOT) banyak yang tidak memiliki fasilitas CPOTB sehingga mengalami kesulitan da­lam membuat produk berstandar CPOTB. nik/E-3

 

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment