Layanan Transportasi Sesuai Protokol Kesehatan | Koran Jakarta
Koran Jakarta | May 31 2020
No Comments
Transportasi Publik

Layanan Transportasi Sesuai Protokol Kesehatan

Layanan Transportasi Sesuai Protokol Kesehatan

Foto : ISTIMEWA
ADITA IRAWATI, Staf Khusus Kemenhub
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan bahwa layanan operasional transportasi seperti bandara, pelabuhan, terminal dan stasiun tetap berjalan namun harus mengikuti protokol kesehatan yang saat ini berlaku pada masa pendemi Covid 19.

Staf Khusus Menteri Perhubungan Bidang Komunikasi atau Juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Adita Irawati mengatakan bahwa Menteri Perhubungan (Menhub) Ad Interim, Luhut Binsar Pandjaitan telah melayangkan surat kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, yang isinya meminta dukungan Kemendagri untuk memberikan himbauan para Kepala Daerah agar pelayanan transportasi nasional tetap berjalan.

Kemenhub ingin prasarana transportasi berjalan dengan mengoptimalkan pengawasan serta mengacu pada protokol kesehatan dalam rangka pencegahan penyebaran virus corona.

“Dan tentunya, dengan mempertimbangkan kondisi terkini terkait pandemik wabah Covid-19 di Indonesia, maka Pemerintah telah melakukan peningkatan pengamanan dan pengawasan pergerakan transportasi baik untuk penumpang maupun barang/logistik,” kata Adita dalam siaran persnya, Senin (6/4).

Ia juga menambahkan bahwa dengan surat tersebut Pemerintah menjamin lancarnya lalu lintas distribusi barang/ logistik yang masih sangat dibutuhkan masyarakat. Sementara terkait dengan transportasi untuk mengangkut penumpang, Kemenhub terus mengimbau kepada masyarakat untuk tidak mudik dan akan menerapkan aturan yang ketat sesuai dengan protokol kesehatan bagi masyarakat yang tetap ingin mudik.

Untuk itu, kata Adita, pihaknya mengajak stakeholder terkait seperti : Kemendagri, TNI, Polri, dan Pemerintah Daerah bersama-sama mengawasi dan memastikan pelayanan transportasi tetap dapat berjalan dengan baik sesuai protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Merespon Positif

Sementara itu, Direktur Utama IPC, Arif Suhartono bahwa merespon positif instruksi dari Kemenhub terkait peningkatan pengamanan dan pengawasan pergerakan orang dan atau barang di pelabuhan.

Arif menegaskan bahwa sejak awal, IPC berkomitmen untuk tetap memberikan pelayanan terhadap kapal barang di semua pelabuhan yang dikelolanya guna menjamin kelancaran lalu lintas barang, yang sebagian besar merupakan kebutuhan masyarakat. mza/AR-3

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment