Koran Jakarta | March 25 2019
No Comments
Jivin' in Jazz’

Lantunan Jazz Orchestra Karya Mahasiswa

Lantunan Jazz Orchestra Karya Mahasiswa

Foto : Koran Jakarta/Imantoko
A   A   A   Pengaturan Font

Perkembangan musik jazz dalam industri musik Indonesia se­makin menggeliat. Melihat fenomena tersebut Batavia Chamber Orchestra (BCO), Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menggelar malam Jazz bertajuk ‘Jivin’ in Jazz’ di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki (TIM).

“Jivin’ in Jazz merupakan even musik dari BCO yang keempat, sebelumnya me­mang kami selalu memain­kan klasik, khusus malam ini kami mengemas musik Jazz dengan aransemen megah khas orchestra, dengan sajian kolaborasi musisi kenamaan,” terang Jessica Tiarani, pe­nanggung jawab BCO Jivin’ in Jazz’, dari BEM Musik UNJ, di TIM, Jakarta Pusat, Kamis (14/2) Malam.

Secara penampilan jazz berbalut orchestra ini terde­ngar mewah, lagu Rayuan Pulau Kelapa karya Ismail Marzuki pun sukses jauh dari karangan aslinya.

Begitu juga lagu Mahadaya Cinta karya Guruh Soekarno Putra, merdunya trio vokal wanita Khaleesi menghentak­kan semangat penonton. Bebe­rapa karya musisi jazz inter­nasional populer, salah satunya karya Michael League, berjudul Lingus. Untuk membawakan lagu ini BCO menggandeng Andy Gomez (pianis) dan Rich­ard Hutapea (saxophone).

“Secara teknis tidak berubah jauh dari karya aslinya, hanya saja Lingus yang dibawakan secara orchestra ini lebih kaya terdengar, dan di Indonesia mungkin baru pertama yang mengemas lagu popular dikalangan jazz dengan materi seperti ini,” jelas Andy.

Sekalipun membawakan karya jazz yang lembut, se­perti kolaborasinya dengan BCO pada lagu Metropole Nocturne No.2 Op. 9. Balu­tan khas orchestra berhasil mengesplorasi karya itu jauh lebih dalam. “Itu artinya me­mang harmonisasi orchestra bisa menggali kedalaman musik, lebih luas dan megah terdengar. Dan itu yang saya apresiasi dari musisi kampus ini, mereka sangat kreatif dan kaya ide kreatif dalam ber­musik,” lanjutnya. ima/R-1

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment