Koran Jakarta | October 14 2019
No Comments

Langkah Besar Peru

Langkah Besar Peru

Foto : AFP/PEDRO UGARTE
A   A   A   Pengaturan Font

Dengan raihan empat poin dari dua pertandingan menjelang pertandingan grup terakhir melawan tuan rumah Brasil, Peru yakin bakal terus melaju.

RIO DE JANEIRO - Kapten Paolo Guerrero dan striker Jefferson Farfan masing-masing mencetak satu gol saat Peru men­gambil langkah besar menuju perempat final Copa America. Torehan kedua pemain itu memastikan ke­menangan Peru 3-1 atas Bolivia pada laga Grup A Copa America, Rabu (19/6) pagi WIB.

Bolivia memimpin lebih dulu dari titik penalti ketika Marce­lo Moreno membuat kiper Pedro Gallese salah langkah mengantisipasi tembakan 12 pas. Tapi Guerrero menyamakan kedudukan sebelum jeda pertandingan. Farfan memberi Peru keunggulan yang pantas sebelum Ed­ison Flores memas­tikan kemenangan pada menit akhir di stadion ikonik Ma­racana, Rio de Janeiro.

“Yang paling penting adalah tim memberikan segalanya. Kami ragu pada awalnya dan tidak bisa berbuat banyak, Bo­livia mendapat penalti,” ujar Guerrero. “Itu sangat mengganggu kami dan kami kehilangan ketenan­gan kami, tetapi terima kasih ke­pada Tuhan saya berhasil mence­tak gol dan itu menenangkan kami,” sambungnya.

Dengan raihan empat poin dari dua pertandingan menjelang pertandingan grup terakhir mel­awan tuan rumah Brasil, Peru bisa yakin bakal melaju. Belum ada tim sejauh ini yang gagal lo­los ke babak sistem gugur dengan raihan poin tersebut sejak format 12-tim mulai digunakan pada ta­hun 1993.

Bolivia menghadapi pertand­ingan yang harus dimenang­kan kontra Venezuela dalam pertandingan terakhir mereka untuk mempertahankan harapan mencapai perempat final. “Kami harus pergi dan berupaya keras untuk melawan Venezuela,” ujar pelatih Bolivia, Eduardo Villegas.

“Dengan hal-hal yang sama dengan yang kami gunakan untuk menjalani pertandin­gan ini, agresi, keinginan untuk menyerang gawang lawan, kami akan mencoba memenangkan pertandingan, ini adalah kesem­patan terakhir kami,” sambung­nya.

Peru mengambil kendali pertandingan sejak awal. Pe­main sayap kanan Andy Polo menciptakan peluang pembuka, tapi tendangan kaki kirinya yang lemah dengan mudah digagalkan oleh Carlos Lampe.

Farfan mendapatkan tendan­gan bebas, namun bola hanya melebar di sisi gawang di menit ke-20, saat Peru menikmati 70 persen penguasaan bola. Teta­pi Bolivia justru yang membuka keunggulan. Wasit asal Kolombia Wilmar Roldan menunjuk ke titik penalti setelah penundaan lama untuk berkonsultasi dengan asis­ten video wasit (VAR). Moreno tidak membuat kesalahan, mem­buat Gallese salah langkah pada menit ke-28.

Guerrero menyamakan kedudukan sesaat sebelum jeda setelah kesalahan oleh Erwin Saavedra. Bola direbut di dalam lingkaran tengah oleh Christian Cueva, yang kemudian mem­berikan umpan lambung kepada Guerrero yang berlari menem­bus pertahanan Bolivia. Guerrero mengecoh Lampe yang bergerak maju dan menjaringkan bola ke gawang yang kosong.

Memasuki babak kedua, Peru terus mendominasi dan layak berbalik unggul ketika Farfan melompat tinggi untuk menyun­dul masuk umpan silang Guer­rero dari jarak enam meter. Saat Bolivia mendorong mati-matian untuk menyamakan kedudukan, Flores berhasil mencetak gol ke­tiga bagi Peru.

Brasil Imbang

Brasil ditahan imbang 0-0 kontra Venezuela setelah gol jelang akhir laga yang dicetak Philippe Coutinho dianulir oleh keputusan VAR yang kontrover­sial. Coutinho mengira dia telah memastikan langkah Brasil ke perempat final pada menit ke-87 di Arena Fonte Nova, Salvador. Tetapi wasit asal Chile Julio Bas­cunan mengesampingkan gol itu setelah diberi peringatan tentang pelanggaran oleh VAR.

Brasil meninggalkan lapan­gan dengan satu poin, tapi tetap di puncak Grup A dengan empat poin dari dua pertandingan. Ven­ezuela memiliki dua poin dari dua pertandingan dan memiliki peluang untuk maju saat mela­wan Bolivia pada pertandingan terakhir. Bolivia sejauh ini belum memiliki poin karena mengalami dua kekalahan beruntun. ben/AFP/S-2

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment