Lagi, Beijing Bekuk Koruptor | Koran Jakarta
Koran Jakarta | September 20 2017
No Comments
Pemberantasan Korupsi

Lagi, Beijing Bekuk Koruptor

Lagi, Beijing Bekuk Koruptor

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

BEIJING - Keseriusan Pemerintah Tiongkok dalam memberantas korupsi membuahkan hasil. Sun Zhengcai, ketua Partai Komunis Tiongkok (PKT) untuk wilayah Chongqing, berstatus dalam penyidikan. Tidak dipublikasi kasus apa yang menjerat Sun.

Sumber yang tidak mau dipublikasi identitasnya mengatakan Sun dicurigai telah melakukan pelanggaran serius, sebuah istilah untuk menyebut tindak kejahatan korupsi. Suber tersebut juga menjelaskan, Sun dalam tingkat interograsi atau artinya belum pada sebuah level pembuktian resmi.

“Akan tetapi, dia masih seorang mitra pemerintah. Dia masih menjabat sebagai anggota Politburo,” kata sumber tersebut.

Sejumlah pejabat tinggi Tiongkok, selain dikeluarkan dari PKT, mereka pun dilucuti dari jabatan sebagai mitra pemerintah setelah kasusnya secara hukum resmi ditetapkan. Terkadang, ada sejumlah pejabat pemerintah diposisikan dalam penyidikan, tetapi tidak secara hukum dituntut. Akan tetapi, setelah PKT mengumumkan ketika sebuah upaya pembuktian diumumkan ke publik, maka mereka hampir dipastikan dikenai hukuman.

Dalam panggung politik Tiongkok, Sun dikenal pula sebagai kandidat kuat melawan Presiden Tiongkok, Xi Jinping dalam pemilihan presiden Tiongkok, yang akan diselenggarakan lewat kongres Partai Komunis musim gugur mendatang.

Lantaran berstatus dalam penyidikan, posisi Sun sebagai ketua PKT untuk wilayah Chongqing, dicopot. Pengumuman pencopotan dilakukan pada Sabtu (15/7). Bukan hanya itu, posisinya dalam bursa calon presiden Tiongkok pun segera digantikan seorang politisi yang sedang naik daun dan dekat dengan Presiden Xi.

Kantor berita Xin Hua mempubikasi pencopotan Sun tersebut, tetapi tidak menyebut Sun akan menduduki jabatan baru. Xin Hua hanya menulis, dia sedang menunggu sebuah tugas lebih lanjut.

Komisi anti-korupsi PKT, Central Commission for Discipline Inspection, enggan merespons pertanyaan media mengenai kasus ini. Sikap serupa diperlihatkan pemerintah daerah Chongqing. Sun pun sulit dihubungi. Masih belum ada kepastikan apakah dia sudah bisa didampingi oleh seorang pengacara dan apakah ruang geraknya pun sekarang dibatasi.

Sun tidak menampakkan batang hidungnya ketika penggantinya sebagai Ketua PKT untuk wilayah Chongqing, Chen Miner, diperkenalkan secara resmi ke hadapan publik.

Sumber yang dekat dengan Pemerintah Tiongkok mengatakan situasi ini sungguh tidak biasa, dimana Sun sama sekali tidak dihadirkan atau bahkan disebutkan namanya dalam pertemuan penunjukkan Ketua PKT wilayah Chongqing, yang baru. uci/rtr/AR-3

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment