Koran Jakarta | July 18 2019
No Comments

Kubu Konservatif Australia Amankan Mayoritas

Kubu Konservatif Australia Amankan Mayoritas

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

SYDNEY – Koalisi Konservatif yang berkuasa di Austra­lia diwartakan kantor berita ABC pada Senin (20/5), bisa mengamankan pemerintahan mayoritas setelah secara tak terguna memenangkan pemilu federal yang digelar akhir pekan lalu.

“Koalisi Liberal-Nasional pendukung Perdana Menteri Scott Morrison, diperkirakan akan meraih sekurangnya 77 kursi dari total 151 kursi di majelis rendah. Raihan suara itu melebihi ketentuan untuk membentuk pemerintahan sen­diri,” lapor analis pemilu di ABC.

ABC juga melaporkan Koalisi tak bisa meraih mayoritas di Senat dan majelis tinggi, itu berarti koalisi membutuhkan dukungan dari kubu independen maupun partai-partai mi­noritas untuk meloloskan undang-undang. Penghitungan suara dalam pemilu akhir pekan lalu, saat ini masih dilaku­kan Komisi Pemilu Australia dan hasil resmi akhir akan di­umumkan Sabtu (25/5) mendatang.

Salah satu tugas penting yang pertama-tama harus di­lakukan PM Morrison setelah kemenangannya dalam pe­milu adalah membentuk kabinet baru karena banyak men­teri sebelumnya memilih untuk pensiun dan mundur dari dunia politik. AFP/I-1

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment