KPUD Diminta Bantu Tingkatkan Partisipasi Pemilih | Koran Jakarta
Koran Jakarta | July 10 2020
No Comments
Pilkada 2020 | Mobil Cerdas Demokrasi untuk Sosialisasi Pemilihan

KPUD Diminta Bantu Tingkatkan Partisipasi Pemilih

KPUD Diminta Bantu Tingkatkan Partisipasi Pemilih

Foto : ISTIMEWA
Pramono Ubaid Tanthowi, Komisioner Komisi Pemilihan Umum
A   A   A   Pengaturan Font
Semua pihak harus sinergis membantu KPU melakukan sosialisasi Pilkada 2020 ke masyarakat agar partisipasi pemilih dapat meningkat.

 

METRO – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Pramono Ubaid Tanthowi meminta KPU provinsi dan kabupaten/ kota di seluruh Indonesia untuk membuat terobosan kreatif dan inovatif. Terobosa ini dibutuhkan dalam upaya meningkatkan partisipasi pemilih pada Pilkada 2020. Diharapkan ke depan tingkat partisipasi pemilih meningkat.

“Oleh karena itu, teman-teman KPU provinsi maupun kabupaten dan kota harus memiliki langkah kreatif dan inovatif dalam melakukan sosialisasi. Salah satu contohnya, KPU Metro yang meluncurkan mobil cerdas demokrasi,” kata Pramono, usai meresmikan mobil cerdas demokrasi KPU Kota Metro, di Metro, Lampung, Senin (6/1).

Menurut Pramono, tingkat partisipasi pemilih Indonesia mulai naik sejak Pilkada 2018 dibanding pada pemilu sebelumnya. Kenaikan partisipasi pemilih ini semakin terlihat pada Pemilu 2019. Tentu ke depan diharapkan partisipasi pemilih meningkat dan yang mempunyai tugas itu adalah para petugas di KPU daerah.

Pramono mengapresiasi terobosan KPU Kota Metro dengan meluncurkan mobil cerdas demokrasi untuk melakukan sosialisasi hingga menjangkau semua lapisan masyarakat. “Apa yang dilakukan teman-teman KPU Metro dengan meluncurkan mobil cerdas demokrasi ini merupakan langkah yang baik. Mudah-mudahan temanteman KPU lain mencontoh ini, melakukan upaya yang tidak memakan biaya besar tetapi memberikan dampak yang signifikan,” katanya.

Bekerja Independen

Pramono melanjutkan pada tahun 2020 ini ada delapan kabupaten/kota di Provinsi Lampung akan melaksanakan pilkada. Ia berpesan agar KPU di delapan kabupaten/kota tersebut bekerja secara profesional, independen, adil, jujur, dan tidak memihak kepada salah satu calon.

Ketua KPU Kota Metro, Nurris Septa Pratama mengatakan mobil cerdas demokrasi merupakan salah satu upaya dari KPU Kota Metro untuk meningkatkan partisipasi pemilih di Bumi Sai Wawai.

“Mobil ini merupakan bagian dari upaya kami. Tentu kami ingin pemilu ini terasa di segala aspek. Ke depan kami akan gandeng komunitas, nanti ada KPU goes to campus, sosialisasi di pengajian, pasar supaya partisipasi pemilih semakin naik. Untuk ini, media juga berperan sangat penting,” kata Nurris.

Pihaknya meminta dukungan dari semua stakeholder di Kota Metro untuk menciptakan pemilu yang aman, damai, tenteram, dan tentunya menghadirkan pemimpin Kota Metro yang benar-benar pilihan dari masyarakat. Nurris menambahkan pada pilkada tahun 2015, tingkat partisipasi pemilih di Kota Metro sebanyak 70 persen. Oleh karena itu pada Pilkada 2020, KPU akan berupaya meningkatkan partisipasi pemilih.

“Untuk saat ini memang belum kami hitung ya berapa targetnya. Kalau tahun 2015 lalu itu 70 persen, sedangkan pada pileg dan pilpres 2019 mencapai 87 persen. Tentu kami berharap untuk bisa meningkat lagi,” kata Nurris.

Sebelumnya, Komisioner KPU, Wahyu Setiawan meminta pemerintah daerah ikut menyosialisasikan penyelenggaraan Pilkada 2020. Ini diperlukan karena anggaran yang sudah diketok untuk sosialisasi Pilkada terbatas. Sosialisasi penting untuk meningkatkan partisipasi pemilih. ags/Ant/N-3

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment