Koran Jakarta | July 22 2019
No Comments
Pemilu Serentak 2019 | Pengiriman Logistik Pemilu Pertama ke Afrika dan Amerika Latin

KPU Mulai Kirim Logistik ke LN

KPU Mulai Kirim Logistik ke LN

Foto : ANTARA/MUHAMMAD IQBAL
PEMILU LUAR NEGERI | Wakil Menlu AM Fachir (kiri) bersama Ketua KPU Arief Budiman menunjukan paket berisi surat suara yang akan dikirim ke luar negeri di Benda, Tangerang, Banten, Minggu (17/2). KPU mulai melakukan pengirimin perdana surat suara Pemilu 2019 ke 27 negara, untuk pemilih WNI di luar negeri tercatat 2.058.191 orang yang telah masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) di berbagai negara, dengan pelaksanaan pemilu lebih awal yaitu pada tanggal 8 hingga 14 April 2019.
A   A   A   Pengaturan Font
Distribusi logistik pemilu ke luar negeri mulai dilakukan KPU. Pengiriman logistik ini sesuai dengan tahapan pemilu yang disusun KPU.

 

TANGERANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) secara resmi mendistribusikan logistik pemilu untuk pemilih luar negeri. Pengiriman perdana ini sebagai bentuk kesiapan KPU menyelenggarakan Pemilu 2019 di luar negeri serta transparansi kepada masyarakat.

Total ada 130 Kantor Perwakilan RI diluar negeri (PPLN) yang akan menerima distribusi logistik ini, meliputi surat suara, tinta, segel, hologram formulir berhologram, template untuk Pilpres, surat suara DPR Dapil DKI Jakarta II, segel hologram, tinta hingga formulir serta sampul.

“Tapi untuk logistik luar negeri ini terdiri dari dua, pemilihan presiden dan wakil presiden serta pemilihan legislatif untuk daerah pemilihan Jakarta II,” kata Ketua KPU Arief Budiman dalam sambutannya pada acara Distribusi Perdana Logistik Pemilu Luar Negeri Tahun 2019 di kawasan Gudang Zoodia, Tangerang, Minggu (17/2).

Arief menjelaskan, untuk distribusi 17 Februari ini, logistik akan dikirim ke negara terjauh seperti Afrika dan Amerika Latin. Untuk selanjutnya pada 18-19 Februari ke negara Amerika dan Asia, pada 20 Februari pengiriman akan dilakukan ke negara Timur Tengah, 21-22 Februari ke negara Pasifik dan 22-25 Februari ke Eropa dan sebagian negara Asia. Arief berharap distribusi logistik ini nantinya bisa memenuhi hak WNI di luar negeri untuk tetap bisa menyalurkan hak pilihnya.

“Jadi bukan hanya soal strategi waktu, tapi juga strategi penyimpanan penting, begitu sampai di sana temen-temen perwakilan di 130 negara itu harus memerhatikan aspek penyimpanan, jangan sampai pas di sana karena suatu hal logistik itu tidak bisa dipergunakan,” sambung Arief.

Untuk diketahui jumlah pemilih diluar negeri sebanyak 2.058.191 orang terdiri dari 902.707 pemilih laki-laki dan 1.155.464 pemilih perempuan. Adapun jumlah TPS luar negeri sebanyak 783 TPS, pemilih yang menggunakan mekanisme Kotak Suara Keliling (KSK) sebanyak 2.345 dan menggunakan pos 429.

Acara ini juga dihadiri Anggota KPU Evi Novida Ginting Manik, Ilham Saputra, Pramono Ubaid Tanthowi, Hasyim Asyari dan Viryan Aziz. Selain itu hadir pula Wamenlu RI Abdurrahman Mohammad Fachir, Anggota DKPP Alfitra Salamm, Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar dan Ketua pokja Pemilu Luar Negeri Wajid Fauzi.

Pada kesempatan itu pula, Wakil Menteri Luar Negeri Abdurrahman Mohammad Fachir mengapresiasi rangkaian kegiatan pemilu sejak perencanaan persiapan hingga pelaksanannya oleh KPU sehingga berjalan dengan baik.

Ia menegaskan kembali komitmen kementerian luar negeri bagi pelaksanaan pemilu di luar negeri yang kebetulan dilakukan disaat bersamaan pemilihan presiden dan pemilihan anggota legislatif.

Kesesuaian jadwal ini ungkap Fachir, sangat lah menentukan karena bagaimanapun juga kita harus maklum bahwa sebaran warga Indonesia di luar negeri cukup luas sehingga dengan tersedianya logistik lebih awal itu memudahkan bagi petugas PPLN bisa melaksanakan tugas dengan tepat waktu.

Menurutnya, pelaksanaan pemilu di luar negeri sangat lah unik karena persebaran warga negara Indonesia di luar negeri yang tidak tentu. Namun PPLN pada hari H pemungutan suara akan menggunakan kotak suara keliling atau dengan pos yang waktu pelaksanaannya 17-19 April.mungkin yang TPS.

“Ini yang saya sebut luar negeri memiliki dinamikanya sendirindalam pemilu. Maka dari itu kita akan selalu komunikasikan tentu dalam hal ini lebih banyak PPLN yang di dukung oleh teman-teman di perwakilan, dari waktu ke waktu kita akan selalu update,” terangnya. rag/AR-3

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment