Koran Jakarta | August 20 2019
No Comments
Pemilu 2019 - Aceh Kekurangan C1 Plano dan Hologram

KPU Jamin Ketersediaan Semua Logistik Pemilu

KPU Jamin Ketersediaan Semua Logistik Pemilu

Foto : ANTARA/M Agung Rajasa
Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) memeriksa kelengkapan kotak suara Pemilu sebelum didistribusikan di gudang penyimpanan logistik wisma PNKA, Bandung, Jawa Barat, Senin (15/4/2019). Sebanyak 1415 kotak suara akan didistribusikan ke 283 TPS di enam kelurahan, Kecamatan Cicendo pada hari Selasa 16 April 2019 untuk digunakan pada Pemilu serentak 17 April 2019.
A   A   A   Pengaturan Font
Jumlah kerusakan atau kekurangan logistik pemilu secara nasional kurang dari 5 persen.

JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) segera mengganti surat suara atau kotak suara yang rusak dengan yang baru. Anggota KPU, Ilham Saputra, menjamin logistik pemilu yang baru tiba di lokasi daerah pemilihan H-1 sehingga tidak mengganggu Pemilu 2019 yang akan diberlangsungkan Rabu (17/4).

“Kerusakan logistik pemilu akibat bencana alam seperti banjir, angin puting beliung, dan lainnya tidak bisa diprediksi sebelumnya. Tapi, kami sudah antisipasi. Jadi segera diganti, kita cari solusinya, tidak ada masalah,” kata Ilham, di Kantor KPU Jalan Imam Bonjol, Jakarta, Senin (15/4). Menurut Ilham, jumlah kerusakan atau kekurangan logistik pemilu secara nasional kurang dari 5 persen.

Bahkan, kerusakan logistik itu jika disortir kembali hanya 1,5 persen. Masalah muncul ketika keluar putusan Mahkamah Konstitusi 8 April lalu untuk menambah logistik surat suara bagi pemilih pindah pilih.

“KPU harus kejar-kejaran dengan waktu karena hanya tersisa dua hari jelang 17 April 2019. Saya memastikan logistik nasional semuanya tepat sasaran. Memang masih ada beberapa yang masih butuh penambahan, langsung kita kirim, sudah koordinasi dengan TNI untuk mengawal,” tegas Ilham. Sejumlah daerah memang masih kekurangan logistik pemilu.

Komisioner KPU Kabupaten Bogor, Herry Setiawan, mengatakan terdapat lebih dari 600 kotak suara yang rusak akibat terendam banjir di gudang penyimpanan logistik pemilu, Kantor Kecamataan Ciseeng, Kabupaten Bogor. “Hujan yang lebat membuat tembok gudang jebol sehingga banyak lumpur yang masuk. Ratusan kotak suara tersebut rencananya akan digunakan dalam Pemilu 2019 untuk 276 TPS di 10 desa di wilayah Kecamatan Ciseeng,” kata Herry.

 

Perlu Infrastruktur

 

Sementara itu, di Provinsi Lampung, pengiriman logistik pemilu ke perdesaan terpaksa menggunakan gerobak kerbau karena jalur yang ditempuh tidak bisa dilewati kendaran bermotor. Seharusnya kondisi seperti ini menjadi perhatian bagi pemerintah bahwa pembangunan infrastruktur atau jalanjalan di desa itu sangat penting.

Di tempat terpisah, Komisi Independen Pemilihan (KIP) Provinsi Aceh menyatakan pemilu di provinsi itu masih terkendala permasalahan kekurangan C1 Plano dan Hologram atau catatan hasil penghitungan suara. “Yang jadi persoalan sekarang ini adalah kekurangan C1 Plano dan C1 Hologram. Kekurangan ini tidak hanya di Aceh, tetapi juga di hampir seluruh provinsi di Indonesia,” kata Ketua KIP Aceh, Samsul Bahri, di Banda Aceh, Senin.

Menurut Samsul, kekurangan formulir catatan hasil penghitungan suara tersebut sudah disampaikan ke KPU RI. Berdasarkan KPU, persoalan kekurangan C1 Plano dan Hologram tersebut tidak hanya di Aceh, tetapi hampir di seluruh Indonesia. Samsul menyebutkan, informasi terakhir yang diterimanya, KPU RI akan mengeluarkan surat edaran terkait persoalan itu.

Berdasarkan pengalaman pemilu sebelumnya, KPU kemungkinan mengesahkan C1 Plano tanpa Hologram. “Hingga kini, kami masih menunggu keputusan KPU terkait permasalahan C1 Plano hologram, sehingga KIP Aceh tidak disalahkan nantinya,” kata Samsul.

Sementara itu, Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Besar, Cut Agus Fathillah, menyatakan daerah tersebut kekurangan surat suara Dewan Perwakilan Daerah (DPD) sebanyak 983 lembar. “Kekurangan logistik yakni berupa surat suara DPD baru kami ketahui hari ini,” kata Ketua Cut Agus Fathillah, di Aceh Besar, Senin. 

 

rag/Ant/P-4

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment