Koran Jakarta | December 15 2018
No Comments
Dugaan Suap

KPK Tangkap Bupati Buton Selatan

KPK Tangkap Bupati Buton Selatan

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA- Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap kepala daerah. Kali ini yang ditangkap KPK adalah Bupati Buton Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Agus Feisal Hidayat. Dalam OTT itu, KPK turut menyita barang bukti berupa uang sebesar 400 juta rupiah.

“Tim menduga telah terjadi transaksi dan mengamankan uang sekitar 400 juta rupiah,” kata Kabiro Humas KPK, Febri Diansyah, di Jakarta, Rabu (23/5).


Febri mengatakan total ada 10 orang yang ditangkap termasuk Agus Feisal. Saat ini, mereka tengah menjalani pemeriksaan awal di Mapolres Baubau.

“Tadi sudah saya cek, memang ada kegiatan tim penindakan di Sulawesi Tenggara. Sekitar 10 orang diamankan termasuk Bupati, PNS, konsultan lembaga survei, dan pihak swasta,” kata Febri


KPK memiliki waktu 1 x 24 jam untuk melakukan pemeriksaan terhadap mereka yang terjaring OTT. Setelah itu, KPK akan mengumumkan status hukum mereka. “Malam ini masih pemeriksaan. Rencana besok akan dibawa ke Jakarta,” kata Febri.


Pernyataan yang sama diungkapkan Ketua KPK, Agus Rahardjo. “Betul, tunggu konpers (konferensi pers) besok,” ujar Agus.


Di tempat terpisah, Kabid Humas Polda Sultra, AKBP Harry Goldenhardt, mengatakan pemeriksaan terhadap Bupati Agus dan sembilan orang lainnya tengah dilakukan di Polres Baubau. Harry Goldenhardt juga membenarkan bahwa Bupati Buton Selatan sedang diperiksa KPK di Polres Baubau.


“Benar disampaikan bahwa pada hari ini, Rabu, 23 Mei 2018, pukul 19.00, telah datang satu tim KPK ke Mapolres bersama Bupati Buton Selatan,” katanya.


Agus Feisal ditangkap saat baru setahun menjabat. Dia dilantik pada tanggal 22 Mei 2017 untuk menjabat hingga tahun 2022. mza/P-4

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment