Koran Jakarta | December 16 2017
No Comments
Keamanan Global

Korsel Khawatirkan Perkembangan Roket Korut

Korsel Khawatirkan Perkembangan Roket Korut

Foto : Reuters/File Photo
A   A   A   Pengaturan Font

Korea Selatan (Korsel) mengkhawatirkan Korea Utara (Korut) mengembangkan mesin roket yang baru saja sukses diujicobakan pada akhir pekan lalu. Sebab, produksi roket itu menandakan ada langkah berbahaya terkait tujuan utama Pyongyang untuk menyerang Amerika Serikat (AS).

Wakil Juru Bicara Kementerian Pertahanan Korsel, Lee Jin-woo, menyatakan ada kemajuan dalam fungsi mesin roket yang baru saja diujicobakan oleh Korut. “Melalui uji coba ini ditemukan bahwa ada kemajuan dalam fungsi mesin. Analisis lebih lanjut dibutuhkan untuk menentukan ketepatan dan kemungkinan penggunaan roket,” kata Lee, Senin (20/3).

Sebelumnya, kantor berita KCNA mewartakan Pemimpin Korut, Kim Jong Un, mengklaim telah sukses melakukan uji coba mesin roket tingkat tinggi. Uji coba tersebut juga sebagai sebuah kelahiran baru industri roket Korut.

Menurut Lee, uji coba roket yang dilakukan Korut merupakan satu mesin utama roket yang ditopang oleh empat mesin pelengkap. Namun, Lee enggan merinci lebih jauh kemajuan yang diperlihatkan oleh Korut tersebut. Lee hanya menyebut militer Korsel sedang melakukan analisis.

Sementara itu, analis dari Korsel, Kim Dong-yub, mengatakan uji coba mesin roket pada akhir pekan lalu adalah perkembangan yang menyeramkan dari Korut. “Ini adalah sebuah uji coba yang komprehensif untuk mesin roket ICBM dan itulah mengapa hal ini sangat berbahaya.

Sepertinya Pemerintah Korut telah berusaha keras untuk menciptakan perkembangan ini,” kata Dong-yub. Korut tercatat telah melakukan lima kali uji coba nuklir dan meluncurkan serangkaian uji coba rudal sekalipun telah mendapat sanksi dari PBB.

Para ahli dan sejumlah pejabat tinggi pemerintah sangat yakin Pyongyang sedang bekerja keras untuk mengembangkan rudal yang bisa menjangkau wilayah AS.

Kritik Trump

Sementara itu, Presiden AS, Donald Trump, mengkritik Kim Jong Un dengan menyebutnya bertingkah sangat buruk. Kritikan itu diungkapkan beberapa jam setelah Korut melakukan uji coba tipe baru mesin roket. “Kami telah melakukan pertemuan terkait sikap Pemerintah Korut.

Dia (Jong Un) sedang bertingkah sangat buruk, sangat buruk. Saya akan katakan pada Anda, dia sedang bertingkah sangat buruk,” kata Trump saat meninggalkan tempat peristirahatannya Mar-a-Lago di Florida. Kim Jong Un menilai uji coba yang dilakukan di Sohae Satellite Launching Ground merupakan sebuah uji coba mesin roket berkekuatan tinggi.

Pyongyang menyebut seluruh dunia akan segera menyaksikan kemenangan negara itu. Pada awal tahun lalu, Jong Un menyebut militernya sedang mempersiapkan uji coba rudal lintas benua. Rtr/uci/AR-2

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment