Konser Musik ala Drive-In | Koran Jakarta
Koran Jakarta | September 19 2020
No Comments
Kebangkitan Drive In di Tengah Pandemi

Konser Musik ala Drive-In

Konser Musik ala Drive-In

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Pandemi Covid-19 memaksa orang-orang kreatif di dunia melahirkan konsep baru menikmati konser musik.

Baru-baru ini sebuah konser musik drive-in digelar di Bonn, Jerman.  Konser tersebut digelar dengan langkah-langkah ketat bagi para penikmat musik sambil menjaga jarak sosial. Peminatnya membludak. Ratusan mobil tampak berderet. Orang-orang pun menikmati musik dari dalam mobil mereka, namun tak sedikit pula yang membuka pintu mobil dan berdiri di dekat mobil mereka sambil menikmati alunan musik dari band di atas panggung.

Laman Trendhunter.com merilis banyak acara music bergaya drive-in yang bakal digelar pada bulan-bulan mendatang. Hal tersebut setelah melihat keberhasilan dari beberapa penyelenggaraan konser musik serupa. Di Denmark misalnya, Mads Langer, musisi pertama di dunia yang menggelar konser drive-in pada 24 April lalu di Aarhus, Denmark. Puluhan mobil berderet rapi dan tertib mengikuti aturan.

Salah satunya konser drive-in lainnya yang sukses adalah band asal Republik Ceko Mirai, yang kabarnya telah melangsungkan konser drive-in pertama di negara Eropa tersebut pada 15 dan 16 Mei lalu. Mirai mengklaim kalo show-nya yang dihelat di Kota Ostrava, Ceko, itu merupakan gelaran konser live terbesar di masa pandemi Covid-19. Tiket konser tersebut kabarnya ludes terjual, dengan kapasitas mencapai 500 mobil yang terparkir di venue konser yang terletak di area industri tersebut.

Tidak jelas kapan orang akan dapat bahu-membahu dengan orang lain di konser dan festival musik, tetapi beberapa band menjadi kreatif ketika datang untuk berbagi musik langsung, salah satunya dengan tampil di acara drive-in. Sementara banyak artis beralih ke media sosial, namun tetap ada sesuatu yang berbeda. Untuk itulah beberapa band rock indie siap bergabung di acara “July Talk” yang bakal digelar pada bulan Agustus yang berpegang pada protokol jarak jauh sosial dengan menyatukan orang lewat mobil mereka.

Pandemi Covid-19 juga telah menyebabkan pembatalan beberapa acara besar di seluruh GTA, tetapi acara “Band Toronto July Talk” mengambil pendekatan yang berbeda untuk menjangkau penggemar mereka. Mereka akan tampil live di konser yang akan digelar pada 12 dan 13 Agustus di sebuah bioskop drive-in di luar Toronto. Lokasi terungkap saat pembelian tiket, dan penggemar akan dapat mendengarkan musik langsung melalui radio mobil mereka, mirip dengan film drive-in retro. Tanggapan media sosial untuk, apa yang dijuluki sebagai acara ramah jarak sosial, sangat positif. Festival dan acara lainnya di Kanada juga menemukan cara kreatif untuk menjangkau penonton. Seperti Summerset Music and Arts Festival, yang biasanya diselenggarakan di Fort Langley, juga akan menjadi acara drive-in pada akhir Agustus. ars

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment