Koran Jakarta | October 21 2019
No Comments
Situasi Keamanan

Kondisi Keamanan Selama Sidang MK Terkendali

Kondisi Keamanan Selama Sidang MK Terkendali

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto mengatakan bahwa situasi keamanan dalam rangka sidang gugatan hasil pemilu di Mahkamah Konstitusi (MK) masih terkendali. “Kalau keamanan yang dilaporkan aparat kepolisian dan intelijen kita, sementara terkendali. Dalam arti tidak ada satu kegiatan fisik yang mengganggu jalannya sidang MK,” kata Wiranto di Jakarta, Senin (17/6).

Diketahui, sidang lanjutan gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2019, di MK, akan kembali digelar pada hari ini, Selasa (18/6). Wiranto pun berharap, jalannya sidang terus kondusif hingga putusan yang akan dilakukan pada 28 Juni mendatang. “Kita harap sampai selesai seperti itu. Apalagi pak Prabowo- Sandi, memohon kepada segenap pengikutnya untuk menahan diri sabar damai mengikuti proses konstitusi tanpa diintervensi kegiatan fisik, bahkan memohon pendukungnya tidak melkaukan gerakan penumpukkan fisik di MK,” jelasnya.

Ia pun mengaku langkah yang dilakukan oleh pasangan 02 Prabowo-Sandi harus diapresiasi. Apalagi bagi para pendukungnya. “Kalau ada gerakan fisik yang melakukan aktivitas di MK berarti bukan anak buah atau pendukungnya Prabowo- Sandi. Lalu siapa? yang berkompetisi kan cuma 2 pihak. Kalau ada pihak lain yang aksi itu dari mana?,” ujarnya.

Wiranto lalu mengajak semua pihak bisa menahan diri. Sebab, masyarakat sangat mendambakan kedamaian. “Masyarakat banyak yang mendambakan suasana damai dan melanjutkan pembangunan di negeri ini. Jadi, untuk apa diwarnai aksi-aksi yang meresahkan masyarakat,” ucap Wiranto. Pada bagian lain keterangannya, Wiranto mengatakan bahwa Tim Saber Pungli terus berjalan. Aktivitas yang dilakukan oleh Tim Saber Pungli pun cukup signifikan yang membuat pungutan liar sudah berkurang.

“Saya hari ini kan rapat rutin soal saber pungli, jadi memang begini ya, memang saber pungli sejak 2016 kita aktifkan memang trus bekerja. Di rapat koordinasi saya hanya memberi satu perhatian khusus untuk konsistensi terhadap tujuan didirikannnya saber pungli yakni mencegah terjadinya ekonomi biaya tinggi,” kata Wiranto dikantornya, Jakarta, Senin. Wiranto menjelaskan bahwa pungutan liar ada di pelayana publik yang berada di pemerintah juga ada di beberapa instansi pemerintah.

“Itu kan juga terjadi pungutan liar yang dulu cukup banyak sekarang sudah tergerus ya, artinya sudah ada satu langkah yang akhirnya mengakibatkan berkurang pungutan liar itu yang kemudian ada satu bantuan tehadap reformasi birokorasi,” jelas dia. Menurut dia, saat ini semua proses yang menyangkut perizinan sudah mulai cepat dan efisien yang memungkinkan tidak ada lagi pungutan liar.

fdl/AR-3

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment