Kini Cetak Dokumen Kependudukan seperti di ATM | Koran Jakarta
Koran Jakarta | December 9 2019
No Comments

Kini Cetak Dokumen Kependudukan seperti di ATM

Kini Cetak Dokumen Kependudukan seperti di ATM

Foto : KORAN JAKARTA/AGUS SUPRIYATNA
ANJUNGAN DUKCAPIL | Ditjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh mencoba Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) di Jakarta, Senin (18/11).
A   A   A   Pengaturan Font

Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Ditjen Dukcapil Kemendagri) terus berinovasi melahirkan layanan yang cepat dan efisien. Setelah tanda tangan digital, kini Ditjen Dukcapil Kemendagri meluncurkan Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM).

Menurut Direktur Jenderal Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh, diluncurkannya ADM ini adalah bagian dari program Dukcapil Go Digital. Program ini menandai perubahan paradigma kerja manual ke digital. Kata Zudan, direktorat yang dipimpinnya tidak hanya berlari tapi akan terus melompat. “Dari lompatan satu ke lompatan lainnya. Kini Ditjen Dukcapil berinovasi dengan ADM,” ujarnya di Jakarta, Senin (18/11).

Zudan lantas menjelaskan fungsi dari ADM yang diluncurkan Ditjen Dukcapil. Kata dia, ADM tak lain mesin pencetak dokumen kependudukan. Jadi lewat mesin ini, dokumen kependudukan seperti Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP), Kartu Keluarga, Kartu Identitas Anak, akta lahir dan akta mati bisa langsung cetak. Fungsinya mirip dengan mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

“Alhamdulillah, setelah berkali kali kita gagal dalam uji coba. Akhirnya sekarang berhasil memindahkan sebagian pegawai, alat alat dan kantor menuju satu aplikasi dalam mesin,” kata Zudan.

Lewat ADM ini kata dia, beragam pelayanan administrasi kependudukan tersedia. Layanan pun kian mudah dan cepat. Semudah orang yang ingin mengambil uang tunai di ATM. Jadi jika kemarin-kemarin, masyarakat yang membutuhkan dokumen kependudukan biasanya datang langsung ke kantor Dukcapil atau mengurus secara online, sekarang bisa melalui mesin ADM. Inovasi mesin ADM ini memang dirancang khusus agar warga bisa mencetak dokumen dengan cepat, mudah, gratis dan berstandar sama.

“Dan yang pasti tanpa diskriminasi. Melalui ADM, kita bisa mencetak sendiri e-KTP, KIA, akta lahir, kartu keluarga, akta mati,” katanya.

Mekanisme kerja dari mesin ADM pun, kata Zudan, sudah terbilang canggih. Dilengkapi dengan pengamanan NIK, PIN dan QR Code. Saat ini, mesin ADM ini akan dimasukkan dalam e-catalog. Ditargetkan tahun ini sudah dapat diimpelementasikan di berbagai daerah. Kata Zudan, sejak diperkenalkan sudah banyak daerah yang mau beli.

“Saya yakin kepala daerah yang ingin memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat pasti butuh,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kasubdit Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Ditjen Dukcapil Kemendagri Erikson P Manihuruk menjelaskan cara kerja mesin ADM ini. Menurutnya, cara kerja mesin ADM tidak jauh berbeda dengan mesin ATM perbankan. agus supriyatna/AR-3

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment