Koran Jakarta | June 18 2019
No Comments

Kinetik, Teknologi Ban Ramah Lingkungan

Kinetik, Teknologi Ban Ramah Lingkungan

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Prosuden ban, Hankook, memiliki teknologi yang disebut dengan “Kontrol Technology”. Teknologi ini diklaim menciptakan keselamatan, kenyamanan tingkat tinggi. Bahkan, teknologi ini memerhatikan aspek ramah lingkungan dari sebuah perjalanan.

Sebagai filosofi, Kontrol Technology melekat pada setiap jenis produk Hankook Tire dan diterapkan di seluruh kegiatan penelitian, prosedur desain, pengembangan teknologi dan proses produksi.

‘K’ dari Kontrol adalah singkatan dari ‘Kinetic’ atau dengan kata lain ‘gerakan’ untuk mengendalikan interaksi antara mobil, pengemudi dan jalan.

Kontrol Technology memberikan kepuasan berkendara untuk semua jenis cara mengemudi. Mulai dari ekstrem berkecepatan tinggi hingga kenyamanan perjalanan mewah, dari perjalanan keluarga yang aman dalam kondisi hujan hingga perjalanan sehari-hari yang ramah lingkungan.

“Kontrol Technology adalah pembeda antara produk-produk kami dengan pabrikan ban global lainnya,” ujar President Director, Indonesia Sales Subsidiary Hankook Tire Indonesia, Jason Soo Lee, di Jakarta.

Pada ban Kontrol Technology terdapat empat fungsi teknologi kontrol terkait dengan performa, keamanan, kenyamanan, lingkungan.

Untuk performa pabrikan asal Korea merancang produk yang tahan lama yang bisa ditemui pada produk Hankook Ventus Prime3. Untuk menciptakan ban kuat, Hankook melakukan serangkaian tes ketahanan (durability) dan keamanan waktu, temperatur, kecepatan, beban, kondisi jalanan dengan berbagai kondisi ekstrim, untuk memastikan kualitas dari produk-produknya.

Dari sisi keamanan ban jenis Hankook Dynapro AT-m, misalnya mampu menghasilkan traksi yang luar biasa, terutama pada kondisi lumpur dan salju sehingga memberikan rasa aman berkendara di berbagai kondisi jalan.

Sementara sisi kenyamanan dengan ban yang mampau meredam tingkat kebisingan dan mengurangi getaran akibat kontak dengan permukaan jalan. Produk-produk Hankook telah berhasil mencapai nilai terendah untuk tingkat kebisingan suara menurut European Tire Labeling.

“Filosofi ini melekat kuat pada Hankook Ventus S1 Noble2 yang dilengkapi dengan teknologi rib yang meredam kebisingan (pengurangan kebisingan) dan pengaturan pitch yang optimal untuk memberikan kenyamanan berkendara,” ujar Jason Soo Lee.

Produk Hankook cukup memperhatikan aspek lingkungan, kerena mampu mengurangi emisi karbon yang dihasilkan kendaraa, dengan cara mengoptimalkan struktur dan material ban untuk memperkecil hambatan pada perputaran ban.

Dengan mengurangi hambatan perputaran ban maka akan mengurangi tenaga yang terpakai saat ban berputar dan mengurangi upaya yang dibutuhkan sehingga mampu meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar kendaraan.

Filosofi ramah lingkungan melekat pada Hankook Kinergy EX yang merupakan kombinasi teknologi dan desain yang menawarkan efisiensi bahan bakar kendaraan serta performa yang luar biasa bagi pengemudi.

“Empat fokus dalam Kontrol Technology menunjukkan komitmen kami dalam berbagai aspek pada sebuah ban dan dampaknya pada lingkungan,” lanjut Jason Soo Lee. hay/E-6

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment