Koran Jakarta | September 22 2018
No Comments

Kiat Sukses Meniti Karier di Berbagai Bidang

Kiat Sukses Meniti Karier di Berbagai Bidang
A   A   A   Pengaturan Font

Judul : Jitu “Menjual” Diri dalam Berbagai Situasi

Penulis : John Afifi

Penerbit : Laksana

Terbit : Pertama, 2018

Tebal : 184 Halaman

ISBN : 978-602-407-302-2

 

Sukses merupakan impian di mana pun baik tempat bekerja, dunia pendidikan, bisnis, perkantoran, perindustrian, atau pertanian. Tapi, untuk mencapainya dibutuhkan usaha keras. Di samping itu, kecakapan yang memadai juga tidak luput sebagai penentu. Buku Jitu Menjual Diri dalam Berbagai Bidang ini menyajikan tip dan trik praktis untuk menunjang kecakapan tersebut.

Bagi pembaca yang ingin bergelut dalam bidang bisnis, misalnya, ada beberapa trik yang dapat diterapkan dalam mempresentasikan manajemen bisnis di hadapan audiensi, di antaranya menghiasi presentasi dengan cerita, menggunakan nada suara berbeda, dan berfokus pada lima sendi pokok presentasi.

Lima sendi tersebut: presentasi dengan slide sederhana, tetapi kuat secara visual. Presentasi dengan menunjukkan poin utama dari setiap slide. Presentasi dengan ilustrasi sederhana. Presentasi dengan memberi kesimpulan di balik data rumit. Presentasi dengan memberikan contoh langsung yang biasanya terjadi di dunia kerja (hal 25).

Selain sudah mengawali karier sebagai seorang manajer bisnis, penulis juga menyajikan tip dan trik pelamar pekerjaan di berbagai instansi atau perusahaan agar mudah diterima. Salah satu yang patut diperhatikan adalah trik mengikuti tes wawancara. Sebab sesi ini merupakan rangkaian yang sangat menentukan dalam proses penerimaan karyawan atau pegawai. Maka, tes wawancara tidak dapat disepelekan.

Ada beberapa tip dan trik yang ditawarkan untuk mempermudah proses wawancara. Pelamar harus menyiapkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang umum diajukan. Biasanya terkait identitas pribadi, alasan berhenti bekerja dari tempat lama atau dalih memilih instansi sekarang. Kemudian, nominal gaji yang diinginkan. Pelamar mengenakan pakaian rapi dan sopan. Datang 15 menit lebih awal.

Tampil smart, ramah, dan percaya diri. Ketahui waktu harus berbicara dan berhenti. Bersemangat menjawab pertanyaan dan menjadi pribadi hangat menyenangkan (hal 38). Tidak hanya terkait dua bidang tadi. Jika pembaca lebih tertarik mengembangkan usaha sendiri di rumah (home industri) seperti produk makanan dan minuman siap saji, disarankan berbagai strategi memasarkan.

Pertama-tama, pastikan kelezatan rasa masakan atau minuman. Barulah melangkah ke tahapan berikutnya, di antaranya memberi umpan balik, memberi diskon atau promo. Kemudian, mempertahankan loyalitas pembeli dan mengevaluasi keluhan konsumen. Adapun strategi prospek produk yang dapat dicoba mengumpulkan testimoni, membuat perencanaan jadwal kegiatan, memiliki inisiatif, dan memperluas jaringan (hal 80). Jika semua tahapan tersebut sudah dilewatkan, produk makanan dan minuman bakal laris.

Buku ini bisa menambah wawasan karier di berbagai bidang. Tidak hanya pekerja atau pegawai kantoran (employee), tapi juga mereka yang mengembangkan usaha sendiri (self-employed).


Diresensi Marzuki Wardi, Alumnus Pendidikan Bahasa Inggris IKIP Mataram

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment