Koran Jakarta | November 22 2017
No Comments

Kevin Lilliana Raih Gelar Miss International

Kevin Lilliana Raih Gelar Miss International

Foto : REUTERS/Toru Hanai
A   A   A   Pengaturan Font

TOKYO - Wakil Indonesia, Kevin Liliana, secara membanggakan menyabet mahkota Miss International 2017. Puteri Indonesia Lingkungan 2017 ini sukses menyingkirkan 65 peserta dari seluruh dunia yang bertarung dalam ajang pemilihan ratu kecantikan dunia yang digelar di Tokyo Dome City Hall, Jepang, Selasa (14/11).


Prestasi ini menjadikan Kevin Lilliana sebagai perwakilan pertama Indonesia yang berhasil meraih mahkota juara Miss International. Sementara itu, runner-up pertama jatuh pada Miss Curasau, Chanelle Maria, runner-up kedua dipegang oleh Miss Venezuela, Diana Garcia, runner-up ketiga diberikan pada Miss Australia, Amber Dew dan runner-up keempat jatuh pada Miss Japan, Natsuki Tsutsui.

Selain itu, Miss Japan, Natsuki Tsutsui, juga meraih Best National Costume, sedangkan Miss Australia, Amber Dew, dinobatkan jadi Miss Perfect Body.


Kevin juga meraih predikat Miss Best Dresser di ajang Miss International 2017. Otomatis, Kevin akan membawa pulang mahkota Miss International, menggantikan Kelly Ferzosa dari Filipina.

Dengan prestasi ini, mahasiswi jurusan Desain Interior Universitas Kristen Maranatha yang dikenal sebagai aktivis lingkungan hidup di organisasi Earth Hour di Bandung itu bakal mengemban tugas berat untuk mempromosikan perdamaian dunia.


Tampil dibalut gaun malam light blue rancangan Ivan Gunawan, perempuan kelahiran 5 Januari 1996 itu sangat terharu ketika disebut sebagai juara.

"Terima kasih kepada Ibu Putri Wardani, Yayasan Puteri Indonesia, Mustika Ratu, Kementerian Pariwisata, Kementerian Perhubungan, kepada orang-orang terdekat saya, Pageant Lover, Designer, media, dan seluruh masyarakat Indonesia yang telah memberikan dukungan serta doa pada saya.

Inilah pencapaian yang saya raih dan saya persembahkan untuk Indonesia. Terima kasih Indonesia. Indonesia, we did it,” ujar Kevin berurai air mata yang diunggah di Instagram.


Ketua Dewan Pembina Yayasan Puteri Indonesia, Putri Kus Wisnu Wardani, mengaku sangat terkesan dan bangga dengan prestasi yang diraih Kevin. “Ini jalan menuju prestasi yang lebih baik dan akan lebih terbuka. Kini sudah semakin banyak masyarakat dunia yang mengenal Indonesia dengan lebih baik,” kata Putri secara tertulis, Selasa.


Selama 11 bulan lamanya, sejak dipilih sebagai Puteri Indonesia Lingkungan 2017, Kevin Lilliana telah dipersiapkan oleh Yayasan Puteri Indonesia, Mustika Ratu, dengan dukungan Kementerian Pariwisata.” Akhirnya, misi Yayasan Puteri Indonesia untuk memperkenalkan Indonesia dan budayanya ke mancanegara telah sampai ke masyarakat Internasional,” ujar Putri.


Ajang Miss International yang bernama resmi Miss International Beauty Pageant adalah kontes kecantikan terbesar ketiga di dunia setelah Miss World dan Miss Universe. Ajang ini diselenggarakan pertama kali di Long Beach, California, AS pada 1960.

Ajang ini lantas pindah ke Jepang pada 1968–1970. Pada 1971 dan 1972, ajang ini kembali diselenggarakan di Long Beach, tetapi setelah itu kembali di Jepang. Dan sejak 2004, Tiongkok bergantian dengan Jepang.


Ajang ini tidak hanya didasarkan pada penampilan tapi bertindak sebagai “Duta Besar Perdamaian dan Kecantikan”. Tujuan utama kontes kecantikan Miss International adalah untuk mempromosikan perdamaian dunia, goodwill, dan pemahaman. yzd/S-2

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment