Koran Jakarta | March 24 2019
No Comments
Gaya Kampanye

Ketua DPR: Milenial Butuh Program Substantif

Ketua DPR: Milenial Butuh Program Substantif

Foto : KORAN JAKARTA/M FACHRI
RILIS SURVEI | Direktur Eksekutif Celebes Research Center (CRC) Herman Heizer (kanan) bersama (dari kiri): pengamat politik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Adi Prayitno, Ketua DPR, Bambang Soesatyo, Rektor Universitas Al-Azhar Asep Saifuddin, dan Jubir Prabowo-Sandi Anggawira menjadi pembicara pada Rilis Survei Nasional, Celebes Research Center (CRC) di Jakarta, Minggu (10/2).
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo, mengatakan bahwa milenial sebagai pemilih yang rasional dan objektif, membutuhkan gaya kampanye dari masing-masing Pasangan Calon (Paslon) peserta Pemilu yang substantif. Hal itu ia sampaikan mengingat bahwa gaya kampanye antar kedua Paslon dianggap cenderung membosankan dan saling hujat.

“Kita lihat kaum milenial pengaruhnya cukup besar. Nah, kaum milenial sekarang sangat cerdik, objektif. Dan mereka sekarang putus asa, lelah melihat perdebatan yang tak substansial,” tuturnya saat rilis survei nasional Celebes Research Center ‘Elektabilitas Calon Presiden Menuju April 2019’, di Bakoel Koffie, Cikini, Jakarta, Minggu (10/2).

Bamsoet menjelaskan, milenial ingin Paslon menjelaskan arah bangsa Indonesia selama lima tahun ke depan dengan program-program yang telah disusun. Menurutnya, sudah seharusnya kampanye menyampaikan suatu program yang diharapkan publik dan dapat menjawab persoalan yang dibutuhkan masyarakat.

“Ini yang mereka tuntut, bukan persoalan perdebatan yang sifatnya pribadi atau bahkan yang tidak ada kepentingannya dengan kepentingan publik,” ujarnya.

Kemudian, politikus Partai Golkar tersebut menjelaskan bahwa petahana sebenarnya sudah cukup menyampaikan gagasan dan rencana program secara terbuka kepada publik. Namun, ia mengharapkan pihak lawan dapat menawarkan gagasan yang lebih menarik dari petahana sebagai alternatif pilihan masyarakat.

“Lawannya juga harus mengimbangi dengan tawarantawaran yang lebih menarik, sehingga publik mendapatkan pilihan-pilihan,” jelasnya.

Elektabilitas Stabil

Sementara itu, Celebes Research Center (CRC) mengeluarkan rilis survei nasional terhadap elektabilitas Calon Presiden-Wakil Presiden. Hasilnya, Paslon nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf unggul dengan perolehan angka 56,1 persen, sedangkan Paslon nomor urut 02 Prabowo-Sandi mendapat perolehan angka 31,7 persen.

“Tren elektabilitas Paslon 01 menurun 0,1 persen dibanding sebelumnya. Sementara elektabilitas Paslon 02 meningkat 0,4 persen dibanding sebelumnya,” terang Direktur Eksekutif CRC, Herman Heizer.

Menanggapi hal tersebut, Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo- Sandi, Anggawira, semakin yakin bahwa tren meningkat dari Paslon 02 akan terus berlanjut. tri/AR-3

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment