Koran Jakarta | April 21 2019
No Comments

Ketika Teman Menjadi Bawahan

Ketika Teman Menjadi Bawahan
A   A   A   Pengaturan Font

Pertanyaan:

Bu Rossa, saya baru saja mendapat promosi menjadi manager. Saya sangat senang, tapi masalahnya bawahan saya adalah teman- teman dekat saya sendiri. Mohon advisnya Bu.

Jawaban:

Tentunya setiap karyawan menginginkan peningkatan karier. Tidak ada yang mau kalau kariernya hanya jalan di tempat saja. Ketika promosi su­dah di depan mata dan atasan memberikan kenaikan jabatan tak lantas segalanya menjadi lebih mudah.

Justru Anda dituntut untuk lebih dewasa dan bertanggung-jawab dengan tambahan tugas yang diberikan atasan. Perubahan status ini juga berdampak pada lingkungan pertemanan Anda. Ada-ada saja pasti ketidakcocokan yang terjadi selama masa transisi Anda dari staf biasa menjadi kepala divisi. Apa yang harus Anda lakukan?

Profesional

Anda tetap harus berlaku profesional dengan semua re­kan sekerja. Kalau di luar ling­kungan kantor ataupun yang tidak ada sangkutannya dengan pekerjaan ya kalian adalah teman tapi bila di dalam kantor Anda adalah atasan yang harus mereka patuhi aturannya.

Jangan Bersikap Lemah

Jangan bersikap lemah atau­pun membiarkan rekan-rekan menggunakan Anda sebagai alat kemudahan mereka di kan­tor. Dengan alasan Anda adalah teman mereka bukan berarti Anda bisa menuruti semua ke­inginan mereka.

Tegas

Urusan kantor ya kantor, pertemanan ya pertemanan. Anda harus bisa memisahkan keduanya dengan tepat. Se­hingga tidak akan ada yang be­rani menggunakan status Anda dan menjadikan Anda sebagai alat. Tentunya kalau Anda ber­sikap bijak pasti rekan-rekan akan segan dengan Anda.

Cair

Sebagai atasan baru Anda tidak hanya bertanggung-jawab atas pelaksanaan tugas saja tetapi juga merangkul rekan-rekan kerja. Sehingga terciptalah atmosfer kerja yang cair dan menyenangkan tanpa adanya tekanan. Bukan berarti ketika posisi Anda sudah di atas mereka, Anda bersikap bossy dan sok mengatur segala sesuatunya.

Tetap Teman

Tetaplah menjadi teman yang baik. Sahabat yang mendengarkan, apalagi kalau ternyata sebelumnya Anda memang dekat dengan rekan-rekan kerja yang lain. Jangan mengubah sikap Anda ataupun perlakuan Anda kepada teman-teman yang lain hanya karena posisi Anda sudah di atas mereka.

Fokus di Karier

Ketika Anda mendapatkan promosi dari atasan itu berarti Anda memiliki poin lebih di mata perusahaan. Karenanya sudah menjadi tugas Anda un­tuk memertahankan posisi ter­sebut supaya karier Anda dapat berkembang lebih baik lagi.

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment